Jual bibit tanaman buah terlengkap & bergaransi, TABULAMPOT, Pupuk & Media Tanam

Mengenal Buah Delima Merah dan Manfaatnya

Artikel / Mengenal Buah Delima Merah dan Manfaatnya

Delima merah merupakan salah satu superfood yang memiliki nama latin Punica granatum atau Pomegranate. Buah ini memiliki kulit tebal berwarna merah dengan biji berbentuk rubi atau aril  berjumlah ratusan. Delima merah mempunyai rasa manis dengan ukuran buah sama maupun lebih besar dari jambu biji merah.

Banyak yang memperkirakan bahwa buah ini pertama kali ditemukan di Iran lalu berkembang pesat ke daerah Mediterania. Lalu, buah ini berkembang pesat ke berbagai daerah seperti Cina Selatan, Indonesia, Pakistan, Irak, Turki, Negara Benua Eropa, Kawasan Tropika Afrika hingga Benua Amerika.

Tanaman buah delima merah dapat tumbuh subur dengan kondisi tanah gembur, tidak tergenang air dan air tanahnya tidak dalam. Umumnya, buah delima ini dapat dibudidayakan di dataran rendah hingga ketinggian di bawah 1.000 mdpl. Biasanya, Pomegranate ditanam sebagai tanaman pekarangan dan budidaya di Indonesia, seperti di Kota Batu, Demak, Sanur dan daerah lainnya. Delima merah dapat diolah menjadi makanan maupun minuman sehat.

Beberapa olahan buah delima merah tersebut meliputi, Agar-agar, kolak delima dan pisang, jus buah delima, yogurt, puding, salad, asinan, rujak, infused water delima, smoothie, sup buah, jelly, es teller, es cincau yang menyegarkan. Selain itu, buah delima memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh diantaranya adalah zat besi, zinc, tembaga, dan lain sebagainya. Karena itu, ada berbagai manfaat yang dihadirkan oleh jenis buah yang satu ini :

1. Manfaat Buah Delima Merah untuk Daya Tahan Tubuh

Kehadiran radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel sehat yang ada di dalam tubuh. Molekul tersebut dapat menyebabkan penyakit kronis seperti Diabetes Mellitus, jantung, kanker dan lain sebagainya. Tentunya, mengonsumsi buah delima merah bisa menjadi solusi terbaik untuk memutus sekaligus mengurangi resiko penyakit akibat radikal bebas.

Kandungan antioksidan pada buah ini dapat membantu mengatasi dan memperbaiki kerusakan DNA yang disebabkan oleh sel kanker. Selain kandungan antioksidan, buah delima mempunyai kandungan vitamin C atau asam askorbat. Senyawa ini merupakan nutrisi utama dalam mendukung peran sistem kekebalan tubuh.

Akan lebih baik jika Anda memilih buah delima segar. Usahakan tidak memilih buah delima di dalam kemasan seperti sirup dan kemasan. Hal ini dikarenakan vitamin C mudah mengalami kerusakan saat dilakukan pasteurisasi. Selain itu, antioksidan kuat pada buah delima dapat bekerja untuk menyerang peradangan di seluruh tubuh.

2. Buah Delima Merah untuk Kecantikan Kulit

buah delima merah

Banyak manfaat yang bisa Anda ambil dari buah delima merah untuk menjaga kesehatan kulit. Beberapa di antaranya meliputi :

Membantu Melembabkan Kulit

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah delima dapat membantu mengatasi masalah kulit kering dan kusam. Buah delima dapat diekstrak menjadi minyak yang dapat di oleskan pada kulit, sehingga dianggap lebih efektif untuk perawatan kulit kering.

Buah delima ini dapat membantu menenangkan kulit yang mengalami masalah kering, pecah-pecah maupun iritasi. Hal tersebut berkat kandungan asam punicic pada delima dapat melembabkan kulit secara alami.

Membantu Regenerasi Kulit

Pemakaian buah pomegranate di jadikan sebagai salah satu bahan perawatan kulit. Minyak delima dapat membantu melindungi lapisan kulit terluar epidermis dan dermis.

Selain itu, minyak ini dapat membantu meningkatkan proses regenerasi sel-sel kulit epidermis. Dengan demikian, kulit yang mengalami kerusakan akan mengalami proses penyembuhan, peningkatan sirkulasi dan perbaikan jaringan pada kulit yang terluka.

Membantu Mengurangi Tanda Penuaan

Kandungan antioksidan pada buah delima dapat mengatasi masalah penuaan dini yang di tandai dengan kerutan. Perlindungan buah delima pada sel kulit dapat membantunya dari serangan sinar ultraviolet matahari. Paparan sinar matahari dapat memicu bahaya kulit maupun kerusakan oksidatif pada sel kulit.

Hal ini juga dapat memicu peningkatan resiko tanda penuaan dini seperti kulit terbakar, kanker, garis halus, keriput dan lain sebagainya. Selain antioksidan terdapat zat lain yang membantu atasi penuaan dini yaitu, zat polifenol dan asam ellagic. Zat tersebut dapat mengatasi masalah flek hitam dan hiperpigmentasi.

Membantu Merangsang Produksi Kolagen

Kulit wajah kita secara alami akan mengendur karena produksi kolagen semakin menurun. Buah delima memiliki senyawa asam ellgic dan antioksidan yang dapat mengatasi masalah perombakan kolagen.

Apalagi, vitamin C yang terkandung di dalamnya dapat membantu meningkatkan produksi kolagen. Buah delimadapat membantu perangsangan sel-sel fibroblas untuk produksi kolagen. Hal ini dapat membuat kulit Anda lebih kenyal, aliran darah ke kulit menjadi lancar dan wajah menjadi lebih kencang.

Maka dari itu, konsumsi buah yang mengandung vitamin C, seperti delima merah akan membantu Anda lebih awet muda. Ingat kembali untuk konsumsi buah yang segar agar tidak ada tambahan pemanis atau bahan lainnya. Akan tetapi, manfaat ini tidak bisa Anda dapatkan secara instan, sehingga Anda bisa rutin untuk mengkonsumsinya.

3. Manfaat Buah Delima Merah untuk Kesehatan Sendi

Buah delima merah dapat di manfaatkan untuk meredakan rasa sakit sendi maupun nyeri. Hal ini di karenakan buah delima memiliki kandungan senyawa kimia meliputi, antioksidan dan flavonol. Kedua senyawa tersebut memiliki manfaat untuk memblokir peradangan yang dapat memicu osteoarthritis dan kerusakan pada tulang rawan.

4. Manfaat Delima Merah untuk Tekanan Darah

Anda memiliki masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi? Jika demikian, maka  Anda perlu berhati-hati karena hipertensi dapat menyebabkan serangan stroke dan jantung. Sebagai salah satu solusi terbaik adalah mengonsumsi jus apel secara rutin. Anda juga bisa menggantinya dengan delima merah. Hal ini karena dalam buah ini juga memiliki kandungan yang menyehatkan.

Kandungan jus buah delima kaya akan antioksidan polifenol yang dapat mengatasi masalah aterosklerosis. Selain itu, senyawa ini dapat mengatasi masalah peradangan pembuluh darah, sehingga tekanan darah mengalami penurunan. Manfaat buah delima juga dapat di gunakan untuk menurunkan kolesterol dan kesehatan jantung secara menyeluruh.

5. Manfaat Buah Delima untuk Atasi Rasa Lapar

Buah delima memiliki kandungan serat tinggi. Apabila di lihat dari ukuran 180 gram buah delima merah maka kandungan seratnya mencapai 7 gram. Kegunaan serat memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan nutrisi untuk menjaga berat badan tubuh agar tetap sehat.

Makanan dengan kandungan serat tinggi dapat membantu Anda mempertahankan rasa kenyang menjadi lebih lama. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengurangi ngemil di sore hari. Anda bisa menambahkan bubur oatmeal maupun yogurt untuk menikmati buah delima merah. Dengan konsumsi makanan sehat seperti buah maka bisa membuat Anda mengurangi berat badan atau mempertahankannya dalam berat yang ideal.

6. Manfaat Delima Merah untuk Tingkatkan Gairah atau Libido

buah delima merah

Buah delima memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat meredam stres oksidatif yang terkandung di dalam tubuh. Stres tersebut dapat memicu penurunan pada mutu sperma maupun penurunan kesuburan wanita.

Kandungan zat antioksidan yang terkandung di dalam buah delima dapat menurunkan stres oksidatif pada plasenta. Tidak hanya itu, pemanfaatan buah delima lainnya dapat membantu peningkatan kadar testoteron pada pria. Tentunya, mengonsumsi buah delima sebelum melakukan hubungan intim sangat di anjurkan untuk meningkatkan gairah seks atau libido.

7. Buah Delima Merah untuk Atasi Peradangan

Peradangan merupakan salah satu tanda yang dapat di tunjukkan dengan beberapa gejala penyakit serius. Beberapa di antaranya meliputi, penyakit jantung koroner, kanker, alzheimer dan obesitas. Ada banyak cara untuk membuat jantung Anda sehat. Salah satunya adalah konsumsi buah yang sehat dan alami.

Buah delima merah sendiri mempunyai sifat antiinflamasi. Sifat tersebut di picu karena adanya kandungan antioksidan dan punicalagins. Apabila Anda mengonsumsi buah delima dalam bentuk jus segar secara teratur, maka Anda bisa terhindar dari resiko penyakit tersebut.

Maka, meskipun harganya cenderung mahal, konsumsi buah ini bisa menjadi salah satu cara untuk hidup lebih sehat. Selain itu, imbangi dengan berbagai kegiatan olahraga yang teratur dan konsumsi makanan sehat lainnya.

8. Manfaat Sari Delima Merah Menormalkan Perut

Ada banyak keluhan yang bisa terjadi pada perut, seperti halnya diare. Ternyata, kandungan dari buah delima ini bisa di gunakan untuk menenangkan gangguan perut, termasuk pernyakit diare. Salah satu caranya adalah dengan konsumsi daun buah ini dalam bentuk teh. Sementara jus dan sarinya bisa membantu mengatasi masalah perut lainnya seperti disentri.

Cara di atas adalah langkah alami yang bisa Anda ambil. Konsumsi delima segar dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan bisa jadi cara efektif untuk hidup lebih sehat.

9. Kandungan Delima sangat Baik untuk Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Delima bisa jadikan ke dalam berbagai jenis makanan hingga minuman. Salah satunya adalah jus. Anda bisa konsumsi jenis buah ini untuk menjaga aliran darah yang baik ke dalam tubuh. Konsumsi buah ini juga bisa menurunkan risiko serangan jantung hingga stroke. Agar lebih aman, maka konsumsi buah ini dalam keadaan segar sehingga kandungan nutrisi di dalam buah masih lengkap dan terjaga.

10. Sari Delima Merah Membantu Menyehatkan Gigi dan Mulut

buah delima merah

Bagi yang memiliki masalah pada gigi dan mulut maka sebaiknya mencoba cara yang aman dan alami. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah delima. Selain enak, buah ini juga mengandung sifat antibakteri dan antiviralnya yang bisa membantu mengurangi efek plak pada gigi sekaligus beberapa penyakit mulut.

Selain di makan dalam keadaan segar, buah ini bisa di olah ke dalam jus segar maupun sebagai campuran makanan yang sehat. Kulit delima sendiri juga bisa di keringkan lalu di rebus. Setelah itu, pakai airnya untuk berkumur yang bisa mengatasi rasa nyeri di tenggorokan akibat radang maupun amandel.

Masih banyak manfaat konsumsi buah delima untuk kesehatan maupun kecantikan. Tentunya, mengonsumsi buah delima secara rutin dan teratur dapat membantu menjaga kesehatan tubuh menjadikan Anda tampak lebih percaya diri.

Dari beberapa penjelasan di atas, dapat di tarik kesimpulan bahwa buah delima merah memiliki banyak kasiat atau manfaat bagi asupan nutrisi manusia. Tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, tetapi dapat membantu mengatasi masalah pada kulit dan kecantikan.

Bagi Anda yang tertarik untuk budidaya buah delima merah di rumah dalam bentuk tabulampot, budidaya maupun pekarangan, Anda dapat membeli bibit tanaman buah delima merah dari tanamanmart. Kami menyediakan produk bibit unggulan dan berkualitas bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Apabila Anda berminat, Anda dapat menghubungi salah satu kontak kami secara resmi yang sudah tersedia.

twitterlinkedinwhatsapptelegraminstagram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
©TanamanMart.com
CS: 0812-1303-0404
whatsappphone