Jual bibit tanaman buah terlengkap & bergaransi, TABULAMPOT, Pupuk & Media Tanam

Durian Musang King, Raja Durian Dari Negeri Jiran

Artikel / Durian Musang King, Raja Durian Dari Negeri Jiran

Ada banyak jenis durian yang terkenal dengan buahnya yang lezat, buah durian musang king adalah salah satunya. Bukan hanya di Indonesia, buah ini juga populer di berbagai negara Asia Tenggara lain, seperti Malaysia dan Singapura. Buah yang harganya tidak murah ini tak kalah populer dengan jenis durian lain seperti durian montong.

Apa Itu Buah Durian Musang King

buah durian musang king

Buah ini memiliki nama latin Durio Zibethinus L dan berasal dari Malaysia. Buah ini di negara asalnya tersebut dikenal dengan sebutan mao shan wang yang berarti raja kucing. Jenis durian ini pertama kali dikenalkan pada 1990 dan masih menjadi jenis buah paling populer di Asia Tenggara sampai saat ini.

Awal mulanya di kawasan Tanah Merah yaitu di Kelantan Malaysia dihebohkan dengan adanya pohon durian berkualitas super. Keistimewaannya adalah dagingnya yang kuning, tebal dan lembut. Banyak sekali kelebihan dari buah yang satu ini yang membuatnya semakin diburu.

Buah ini juga memiliki nama lain yaitu raja kunyit karean warna dagingnya yang seperti kunyit. Namun, masyarakat umum lebih mengenalnya dengan nama Musang King karena pohon induknya yang ada di dekat Goa Musang di wilayah Kelantan.

Karakteristik Durian Musang King

Bagaimana ciri dari buah durian jenis musang king? Salah satu yang membuat jenis buah ini sangat populer adalah dari rasa buahnya. Rasanya enak, manis, legit dan buahnya berdaging tebal, lembut, ada sedikit rasa pahit. Sementara itu, biji buah ini sangat kecil bahkan nyaris kempis. Yang membuatnya unik adalah daging buahnya tidak berserat. Untuk warna daging buahnya adalah kuning menyerupai kunyit.

Jenis durian unggul dari Malaysia ini memiliki ciri lain yaitu mudah matang meskipun belum terlalu tua. Buahnya bisa masak sempurna jika diperam sekitar 2 hingga 4 hari. Untuk ukuran buahnya sendiri tidak terlalu besar, yaitu memiliki berat rata-rata 2 hingga 3 kg. Sementara itu, diameter rata-rata dari buah ini adalah 20 cm.

Selain membelinya di supermarket, Anda bisa menanam sendiri bibit buah ini. Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik pada dataran rendah dengan ketinggian 1000 m dpl. Namun untuk kondisi yang paling maksimal adalah pada dataran dengan ketinggian 400 hingga 60 m dpl. Untuk tanahnya harus subur dengan curah hujan yang tinggi.

Kandungan Nutrisi Buah Durian Musang King

buah durian musang king

Durian memang merupakan buah yang banyak diminati meskipun baunya sangat menyengat. Namun dibalik itu, ada berbagai kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini, termasuk buah durian jenis musang king. Beberapa kandungan nutrisi yang dimaksud adalah sebagai berikut :

Mengandung kalori dan lemak

Durian mengandung kalori yang membuat Anda merasa kenyang setelah memakannya. Kalori sendiri adalah energi yang didapatkan dari makanan maupun minuman yang dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas. Dalam buah ini juga mengandung lemak sehingga Anda harus membatasi konsumsi buah ini agar tidak berlebihan.

Mengandung karbohidrat

Bukan hanya nasi, jagung maupun roti yang mengandung karbohidrat. Dalam durian ini juga mengandung karbohidrat sebagai sumber energi kita. Kandungannya cukup tinggi bahkan bisa mencapai 150 kalori.

Buah ini juga dimanfaatkan bagi seseorang yang mengalami masalah pada gula darah. Dengan konsumsi buah ini maka gula darah bisa normal dengan kandunagn jenis gula sederhana seperti sukrosa, fruktosa dan glukosa.

Mengandung Serat

Konsumsi durian jenis musang king bisa menyuplai kebutuhan serat dalam tubuh. Serat digunakan untuk membantu proses pencernaan makanan menjadi lebih mudah. Jadi, Anda akan terhindari dari masalah pencernaan seperti halnya susah buang air besar. Konsumsi buah ini dengan jumlah yang tepat juga membantu dalam menangkal diare dan diverkulitis.

Mengandung Kalium

Durian menjadi salah satu buah penyumbang kalium yang cukup tinggi bagi manusia. Selain pada durian, kalium juga ada pada pisang, kacang-kacangan dan ubi. Manfaat kalium sendiri sangat besar, yaitu membantu membangkitkan energi, mengurangi stres dan meredakan kecemasan. Kalium juga membantu dalam menjaga kesehatan tulang, saraf, pembuluh dasar serta otot tubuh.

Mengandung Antioksidan

Antioksidan bertugas melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas yang jadi penyebab berbagai jenis keluhan pada tubuh, termasuk penyakit jantung. Radikal bebas sendiri merupakan salah satu molekul yang berasal dari reaksi sisa-sisa metabolisme tubuh yang bisa berbahaya juka masuk ke dalam tubuh kembali.

Jadi, konsumsi durian bisa membantu Anda untuk mengurangi bahaya radikal bebas. Selain itu, antioksidan di dalamnya juga melindungi tubuh dari bahaya yang ditimbulkan polutan.

Meskipun memiliki banyak kandungan yang di butuhkan tubuh, namun ingat untuk selalu konsumsi durian musang king dalam jumlah yang terbatas. Pasalnya, terlalu banyak konsumsi buah ini bisa menimbulkan berbagai efek samping, seperti diare, muntah, dan kembung.

4 Manfaat dari Buah Durian Musang King

Meskipun harganya lebih mahal di bandingkan dengan jenis durian lain, namun varietas musang king tetap menjadi pilihan karena berbagai hal. Yang pertama adalah karena rasanya dan selanjutnya karena manfaatnya. Konsumsi durian sendiri bisa memberikan konstribusi pada kesehatan, seperti halnya :

1. Membantu Mengatasi Anemia

Apa yang gejala penyakit anemia? Penyakit ini di tandai dengan kelelahan, sakit kepala, insomnia, dan berbagai gejala lainnya. Banyak cara untuk mengobati anemia, termasuk cara yang alami. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah durian.

Di dalam buah yang satu ini mengandung asam folat dalam jumlah tinggi. Fungsinya adalah untuk membantu produksi hemoglobin pada tubuh. Selain itu, dalam buah ini juga terkandung zat besi yang berperan juga dalam pembentukan hemoglobin.

2. Membantu Kekuatan Tulang

Seperti yang telah di sebutkan di atas bahwa durian merupakan buah yang mengandung kalium. Selain itu, di dalamnya juga terdapat kalsium meskipun dalam jumlah yang rendah. Kehadiran kandungan ini pada durian bisa mencukupi kebutuhan tubuh kita. Kalium sendiri di butuhkan untuk menunjang pengembangan tulang yang sehat serta mengatur distribusi pengendapan kalsium pada tulang.

3. Membantu Mengatasi Insomnia

Dalam buah durian secara umum terkandung asam amino yang di kenal dengan nama triptofan. Asam amino ini merupakan senyawa penginduksi tidur yang alami sehingga meningkatkan kadar serotonin dan melatonin pada tubuh kita.

Kedua bahan di atas sangat di perlukan untuk mengelola emosi seseorang. Sementara itu, untuk senyawa serotonin sendiri sangat penting guna mengatasi stress, kecemasan hingga susah tidur. Gangguan susah tidur bisa di alami oleh berbagai golongan usia yang di karenakan berbagai sebab, mulai dari tekanan pekerjaan, terlalu lelah atau karena mengalami gangguan kecemasan yang parah.

4. Membantu Memelihara Sistem Pencernaan Tubuh

Seperti yang Anda tahu bahwa durian jenis musang king mengandung daging yang tebal yang kaya akan serat makanan yang cukup tinggi. Fungsi serat ini adalah untuk menormalkan sistem pencernaan dan mendorong sisa makanan. Serat juga berfungsi untuk merangsang gerakan peristaltik sekresi cairan pencernaan dan lambung.

Karena itu, konsumsi durian dalam jumlah yang tepat bisa membantu mengatasi sembelit dan penyumbatan pada usus. Perlu Anda tahu juga bahwa serat dalam durian adalah serat tidak larut yang juga bisa menurunkan frekuensi diare.

Kelebihan Durian Musang King dari Jenis Durian Lainnya

Ada banyak jenis durian dan salah satu yang paling mahal dan banyak di cari adalah jenis musang king. Lalu, apa keistimewaan dari buah yang kulitnya berduri ini? Berikut ini ada berbagai keunggulan yang di miliki dari jenis buah yang juga di sebut dengan raja kunyit ini :

Daging buah

Keistimewaan dari buah ini ada pada daging buahnya yang tebal dan berwarna kuning keemasan sehingga semakin menggugah selera. Dagingnya juga tidak berserat sehingga mudah untuk dimakan.

Cita rasanya unik

Berbeda dengan jenis durian lain, musang king ini memiliki cita rasa yang manis namun ada semburat rasa pahitnya. Namun justru ini yang membuat musang king semakin istimewa di kalangan pecintanya. Dagingnya legit, dan aromanya wangi menyengat.

Jenis durian berkualitas

Meski harganya mahal, namun kualitasnya memang terjamin. Hal ini semakin membuat jenis durian ini masih menjadi primadona yang belum tertandingi di antara varietas durian lain.

Tingkat adaptasi yang tinggi

Bibit dari durian yang satu ini bisa tumbuh pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Namun yang paling ideal adalah di ketinggian antara 400 hingga 600 m dpl.

Pohonnya mudah berbuah

Budidaya tanaman ini sendiri cukup mudah dan menguntungkan karena merupakan tanaman genjah atau mudah berbuah. Namun tentunya budidayanya juga butuh perawatan yang baik. Panen buah ini bisa di lakukan setelah 3 hingga 4 tahun setelah penanaman bibit.

Nilai pasar durian jenis musang king yang tinggi => Bagi pembudidaya, kelebihan dari durian ini adalah harganya yang tinggi. Karena itu, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan durian jenis musang king ini.

Jenis durian paling populer dan sulit di dapatkan => Durian jenis musang king adalah salah satu durian yang di import, meskipun di Indonesia juga telah di budidayakan. Anda bisa mendapatkannya di supermarket besar dengan harga yang cukup tinggi.

Ada banyak keunggulan dan kelebihan dari buah ini. Mulai dari cita rasanya hingga penampakan buahnya membuat banyak orang mengincarnya. Varietas durian yang satu ini memang sangat istimewa sehingga memiliki harga yang mahal. Sebagai alternatif, Anda bisa menanam jenis durian ini sendiri di pekarangan rumah.

Harga Durian Musang King

Untuk mendapatkan buah durian jenis musang king sendiri memang tidak semudah jenis durian lainnya. Namun setelah merasakan cita arsanya, maka Anda akan merasa puas karena rasa yang manis dan unik di bandingkan jenis durian lain. Di pasaran Indonesia, harga satu buah durian musang king bisa mencapai Rp. 150.000 hingga Rp. 300.000.

Secara umum, untuk satu buah durian jenis ini bisa memiliki bobot 1 hingga 2 kilogram saja. Namun daging buahnya sangat tebal dengan biji yang sangat pipih. Jika Anda ingin menanam dan membudidayakan tanaman ini maka temukan bibit berkualitas. Bibit durian musang king bisa di dapatkan di tempat kami.

Budidaya tanaman ini sangat menguntungkan dengan berbagai kelebihan di atas. Anda bisa mengkonsumsinya sendiri atau untuk dijual. Namun, butuh lahan yang luas dan perawatan yang baik agar hasilnya sempurna. Pasalnya, tanaman durian jenis ini rawan beberapa penyakit.

twitterlinkedinwhatsapptelegraminstagram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rekening Kami
©TanamanMart.com
CS: 0812-1303-0404
whatsappphone