Jual bibit tanaman buah terlengkap & bergaransi, TABULAMPOT, Pupuk & Media Tanam

Manfaat dan Khasiat Buah Jengkol

Artikel / Manfaat dan Khasiat Buah Jengkol

Buah jengkol sering dijadikan sebagai salah satu bahan masakan yang banyak digemari di Indonesia. Jenis buah dengan nama ilmiah Archidendron pauciflorum ini memiliki dimensi berupa polong dan gepeng membentuk spiral. Kulit Buah ini berwarna lembayung tua dengan biji buahnya yang berkulit ari tipis berwarna coklat mengkilap. Khasiat dan Manfaat buah jengkol ini juga sudah sangat populer.

Buah dengan rasa manis dan pahit yang menyatu ini merupakan tumbuhan asli daerah tropis di Asia Tenggara. Tidak hanya di Indonesia, buah yang satu ini juga tumbuh di Malaysia, Myanmar, Nepal, hingga Thailand.

Jenis tanaman dari buah ini cukup mudah ditemui di hutan-hutan Indonesia. Untuk membudidayakan pohon ini, Anda bisa menggunakan cara vegetatif ataupun generatif. Di Indonesia, terdapat beberapa daerah penghasil buah satu ini, dimana salah satunya adalah kawasan pesisir selatan Sumbar.

Jengkol atau yang terkenal dengan sebutan buah jering ini seringkali bermanfaat menjadi berbagai jenis masakan yang menggoda selera. Adapun beberapa resep masakan jering antara lain adalah semur, rendang, sambal goreng, hingga sebagai bahan pembuatan jering balado. Buah ini juga dibuat menjadi keripik sesuai dengan kebutuhan.

Selain banyak di manfaatkan untuk resep makanan, jering juga seringkali di gunakan untuk meningkatkan kesehatan tubuh ataupun kecantikan. Hal ini tidak lepas dari banyaknya kandungan sehat yang terdapat di dalamnya seperti halnya zat besi, vitamin C, protein, vitamin A, vitamin B, alkaloid, zat besi, karbohidrat, minyak atsiri, tanin, saponim, fosfor, hingga serat.

Dengan banyaknya kandungan sehat di dalamnya, lantas apa saja manfaat buah satu ini bagi kesehatan dan kecantikan? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dari jenis buah yang satu ini untuk tubuh :

1. Buah Jengkol Untuk Menurunkan Berat Badan

buah jengkol

Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan penumpukan lemak dalam tubuh yang cukup tinggi. Hal ini bisa terjadi karena kalori yang tersimpan dalam tubuh lebih banyak daripada aktivitas pembakaran kalori. Kalori yang menumpuk ini akan menjadi lemak.

Penumpukan lemak ini bisa menyebabkan resiko yang serius seperti: penyakit jantung, hipertensi hingga diabetes. Maka dari itu, sebaiknya segera cari solusi agar obesitas bisa kita hindari.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk diet, yang mana salah satunya adalah jengkol. Jenis buah yang satu ini mengandung serat di dalamnya. Kandungan yang satu ini sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan atau menurunkan resiko obesitas.

2. Jengkol untuk Menangkal Serangan Radikal Bebas

Manfaat yang selanjutnya adalah berperan dalam meningkatkan kesehatan tubuh agar tidak mudah sakit. Hal ini tidak lepas dari manfaat antioksidan di dalamnya. Kandungan antioksidan memiliki peran dalam melawan radikal bebas yang menjadi penyebab gangguan kesehatan seperti halnya diabetes, jantung, hingga gangguan metabolik yang lain.

Dengan rutin mengonsumsi buah ini, Anda juga akan terhindar dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Alhasil, tubuh juga akan jarang sakit dan lebih bugar. Sehingga berbagai aktivitas sehari-hari juga akan menjadi lebih lancar tanpa gangguan.

3. Buah Jengkol untuk Meningkatkan Kesehatan Tulang dan Gigi

Manfaat buah jering juga bagus dalam mencegah tulang rapuh. Hal ini tidak lepas dari berbagai kandungan sehat di dalam buah seperti halnya protein, kalsium, fosfor, hingga zat besi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsinya dalam takaran yang cukup. Apalagi, buah yang satu ini juga bermanfaat dalam mencegah gangguan osteoporosis.

4. Manfaat Jengkol untuk Mencegah Penyakit Maag

Gangguan kesehatan yang satu ini sering terjadi pada banyak orang. Karena jika maag menyerang, rasa sakit yang muncul terkadang tidak tertahankan hingga membuat aktivitas menjadi terganggu. Maag sendiri merupakan penyakit yang membuat penderitanya  merasa nyeri dan panas pada lambung.

Anda bisa memanfaatkan kandungan sehat dari buah yang juga terkenal dengan sebutan jering ini untuk meredakan maag. Penyakit maag yang bersifat ringan sering kali bisa tangani tanpa perlu berkonsultasi ke dokter. Namun jika sudah akut, maka segera hubungi dokter atau kunjungi fasilitas kesehatan terdekat.

5. Buah Jengkol untuk Kesehatan Ibu Hamil

buah jengkol

Saat mengandung, ibu hamil harus mencukupi nutrisi tidak hanya untuk keperluan tubuhnya sendiri, namun juga anak yang terdapat dalam kandungannya. Manfaat jengkol untuk ibu hamil sendiri ada banyak macamnya, seperti yang berikut ini :

Mengatasi sembelit => Wanita yang sedang hamil, tidak jarang mengalami konstipasi. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, tidak ada salahnya mengandalkan kandungan buah jengkol berupa serat

Mencegah risiko kecacatan => Buah yang satu ini juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya cacat bawaan pada bayi. Hal ini tidak lepas dari kandungan berupa asam folat di dalamnya

Membantu pertumbuhan tulang dan gigi => Pertumbuhan tulang dan juga gigi akan bisa berjalan secara maksimal. Hal ini tidak lepas dari kandungan sehat yang berupa kalsium dan juga fosfor di dalam buah

Meski memiliki banyak manfaat bagi ibu dan janin yang tengah di kandung, ada baiknya untuk mengonsumsinya secara cukup dan tidak berlebihan. Mengonsumsi buah ini secara berlebihan bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Selain itu, Anda juga bisa konsultasikan dulu dengan dokter kandungan dulu khususnya bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu.

6. Khasiat Jengkol untuk Mengatasi Anemia

Ketika seseorang mengalami kondisi kekurangan zat besi, maka produksi sel darah merah akan menurun. Kondisi ini berakibat pada suplai oksigen dan juga nutrisi yang berkurang hingga bisa menyebabkan terjadinya anemia. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi buah satu ini dengan kandungannya yang kaya akan zat besi.

Konsumsi buah jengkol yang memiliki bau khas ini juga bagus untuk wanita yang tengah haid. Dengan mengonsumsi buah jering ini, maka kondisi kekurangan zat besi akibat darah menstruasi yang keluar juga bisa teratasi.

7. Manfaat Buah Jengkol untuk Meningkatkan Kecantikan Kulit

buah jengkol

Hampir semua orang tentu menginginkan kulit yang cantik, sehat, dan jauh dari kondisi kusam. Sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkannya karena berbagai hal seperti gangguan dari radikal bebas, dampak buruk dari sinar UV, dan lain sebagainya.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kecantikan kulit tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah jengkol yang kaya akan vitamin C.

Kandungan vitamin C bisa meningkatkan kecantikan kulit dan membuatnya menjadi lebih sehat serta tidak kusam. Dengan kecantikan kulit yang terjaga, juga akan merasa lebih percaya diri di manapun Anda berada.

8. Manfaat buah Jengkol untuk Mencegah Serangan Jantung

Jantung merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Sayangnya ada beberapa gangguan kesehatan yang berpotensi menyerang organ penting yang satu ini, sehingga harus segera mencegahnya.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan khasiat jengkol yang berguna untuk mengatasi penyempitan pembuluh darah. Dengan demikian, serangan jantung ataupun jantung koroner dapat tercegah. Buah sehat yang satu ini juga mengandung antioksidan di dalamnya. Kandungan tersebut bermanfaat dalam mencegah racun masuk ke dalam pembuluh darah jantung.

9. Buah Jengkol untuk Mencegah Diabates

Buah sehat yang satu ini memiliki kandungan berupa asam jengkolat di dalamnya. Kandungan yang satu ini di percaya mampu mencegah terjadinya diabetes. Meski demikian, Anda juga harus tahu jika asam jengkolat membentuk kristal yang tidak larut di dalam air. Inilah kenapa, ada baiknya untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Bagi penderita kelainan ginjal sebisa mungkin menghindari untuk mengonsumsinya karena khawatir organ ginjal tidak dapat menyaringnya.

10. Manfaat Sehat Jengkol untuk Meningkatkan Energi

Dalam menjalankan kegiatan sehari-hari sangat membutuhkan energi. Tanpa adanya energi, Anda juga akan mudah lelah hingga tidak bersemangat dalam melakukan pekerjaan. Energi sendiri bisa bersumber dari asupan makanan dan minuman sehari-hari.

Salah satu asupan yang berguna untuk meningkatkan energi adalah kandungan karbohidrat yang terdapat dalam jengkol. Dalam 100 per porsi, Anda bisa mendapatkankan sekitar 25,67 gram karbohidrat. Kandungan tersebut tentunya bisa berguna sebagai sumber energi bagi tubuh.

11. Khasiat Sehat Jengkol untuk Pembentukan Jaringan Tubuh

Manfaat dari buah yang satu ini pada tingkat kandungan proteinnya. Kandungan protein dalam buah ini cukup tinggi dan banyak daripada kandungan pada kacang hijau maupun kedelai. Dalam hal ini, tidak ada salahnya mengonsumsi buah ini dalam takaran yang cukup sebagai alternatif supplai protein yang sangat berguna bagi tubuh.

12. Manfaat Sehat Jengkol untuk Membersihkan Darah

Khasiat jengkol juga berguna untuk memurnikan darah hingga untuk menyembuhkan disentri. Manfaat sehat dari buah yang satu ini membuatnya banyak berguna sebagai obat tradisional pada beberapa daerah Asia Tenggara.

13. Manfaat Sehat Jengkol untuk Mengontrol Gula Darah

buah jengkol

Buah sehat berbentuk gepeng ini memiliki kandungan gula yang ramah bagi para penderita diabetes. Gula dalam buah ini bisa dengan mudah terurai sehingga aman. Gula dalam buah ini akan berubah menjadi energi oleh tubuh. Alhasil, energi tubuh akan meningkat dan berguna untuk stamina yang menunjang aktivitas sehari-hari.

Masih banyak manfaat dari buah jengkol lainnya untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan kulit. Meski demikian, ada baiknya untuk mengonsumsi secara cukup dan tidak berlebihan. Karena konsumsi yang berlebihan bisa memicu terjadinya keracunan yang menimbulkan beberapa gejala seperti gangguan buang air kecil hingga nyeri di perut.

Untuk konsumsi buah ini, Anda bisa membuatnya dulu menjadi berbagai olahan seperti halnya olahan semur, rendang, gulai, atau resep lainnya. Sesuaikan sendiri dengan selera Anda saat mengkonsumsinya. Lantas bagaimana cara mendapatkan buah yang berkualitas untuk keperluan konsumsi sehari-hari?

Untuk bisa mendapatkan buah jering atau jengkol yang berkualitas, Anda bisa membelinya langsung di pasaran. Selain itu, Anda juga bisa melakukan budidaya sendiri pada lahan atau pekarangan yang dimiliki. Jangan lupa untuk memberikan pupuk untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dari tanaman. Dengan membudidayakan sendiri, Anda bisa memanfaatkannya sebagai bahan konsumsi maupun untuk dijual.

Untuk pembelian bibit tanaman buah maka Anda bisa segera menghubungi tanamanmart. Kami menyediakan berbagai bibit buah yang berkualitas untuk keperluan pribadi ataupun untuk komersial. Segera hubungi kami melalui salah satu pilihan kontak yang kami sediakan untuk melakukan pembelian bibit ataupun berkonsultasi terlebih dulu.

twitterlinkedinwhatsapptelegraminstagram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
©TanamanMart.com
CS: 0812-1303-0404
whatsappphone