Jual bibit tanaman buah terlengkap & bergaransi, TABULAMPOT, Pupuk & Media Tanam

Cara Menanam Tanaman Buah Naga

Artikel / Cara Menanam Tanaman Buah Naga

Cara menanam buah naga bisa dilakukan dengan memanfaatkan lahan berupa kebun atau dengan menggunakan pot. Budidaya buah naga sendiri bisa dilakukan untuk keperluan pribadi atau untuk dikomersialkan.

Untuk keperluan komersial, buah naga cukup menjanjikan, karena memiliki peminat yang tidak sedikit. Buah ini juga kaya akan manfaat yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Tidak heran jika konsumen buah naga bisa ditemukan dimana-mana. Agar mampu menghasilkan jumlah panen yang memuaskan, budidaya buah naga juga harus dilakukan secara tepat.

Bagi Anda yang masih pemula dan belum tahu bagaimana langkah budidaya tanaman yang baik, tidak ada salahnya untuk bertanya kepada mereka yang sudah ahli, sekaligus mencari referensi dari berbagai sumber. Dan untuk lebih jelasnya mengenai cara membudidayakan buah naga, Anda bisa simak ulasan yang berikut ini :

Cara Menanam Buah Naga di Kebun

Cara Menanam Buah Naga

Sebelum mulai langkah budidaya buah naga di kebun, ada baiknya untuk mengetahui dulu jenis buah yang bisa di budidayakan. Ada buah naga merah, buah naga putih, atau buah naga kuning dengan ukuran yang kecil. Jika sudah menentukan jenis buah naga yang akan di budidayakan, selanjutnya, Anda bisa ikuti beberapa langkah yang berikut ini :

1. Melakukan Pembibitan Buah Naga

Salah satu cara pembibitan buah naga yang banyak di lakukan adalah dengan cara stek. Langkah pembibitan dengan cara stek mampu membuat tanaman berbuah dengan cepat. Cara yang satu ini juga mudah untuk dipraktekkan, yaitu dengan cara yang berikut :

Memilih indukan => Cari yang memiliki batang hijau kelabu, sehat serta keras. Indukan juga sebaiknya sudah pernah berbuah minimal 4 kali dan hindari yang terkena penyakit ataupun busuk

Mencari batang tanaman => Cari batang tanaman yang memiliki panjang sekitar 80 sampai dengan 120 cm. Jangan memotong semuanya, melainkan sisakan 20% bagian indukan agar bisa tetap tumbuh. Sedangkan yang 80% bisa di jadikan sebagai pembibitan stek nantinya

Potong batang tanaman => Batang tanaman yang akan di stek kemudian di potong dengan panjang masing-masing 20 – 30 cm. Untuk bagian pangkal bawah, Anda bisa membuatnya runcing untuk keperluan di tancapkan ke dalam tanah

Manfaatkan fungisida => Celupkan bagian bawah ke fungisida untuk menghindari penyakit yang menghambat pertumbuhan. Selain fungisida, Anda juga bisa menggunakan bawang merah sebagai penggantinya. Oleskan juga obat perangsang akar di pangkal batang dan tancapkan polybag yang berisi media tanam

Media tanam => Isi dari media tanam antara lain adalah kompos, tanah, dan juga sekam padi. Selain media tanam, pastikan juga untuk membuat pelindung guna menutupi stek dari panas matahari

Pemeliharaan stek => Siram minimal 2 kali sehari dan di usia 3 minggu, Anda bisa membuka naungan karena tunas pertama yang sudah tumbuh dan membutuhkan cahaya matahari

Jika usia tunas sudah sekitar 2 bulan atau memiliki tinggi sekitar 50 sampai dengan 80 cm, Anda bisa memindahkan tunas yang ada ke tiang panjat.

2. Membuat Tiang Panjat

Anda bisa memilih lokasi yang terbuka agar tanaman bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jangan lupa, untuk membersihkan lokasi dari rerumputan ataupun gulma yang mengganggu.

Pastikan juga jika kondisi lahan yang akan di gunakan tidak terlalu basah atau bahkan kurang sinar matahari. Jika sudah menemukan lahannya, Anda bisa mulai dengan melakukan pembuatan tiang panjat.

Menanam buah naga bisa disertai dengan tiang panjang dengan tinggi sekitar 1,5 meter. Tiang ini berguna untuk membantu pertumbuhan tanaman, mengingat batang tanaman yang tidak kokoh.

Tiang panjat bisa di tanam di dalam tanah dengan kedalaman sekitar 50 cm agar mampu menopang pertumbuhan tanaman dengan baik. Anda bisa membuatnya secara berbaris dengan jarak sekitar 2 meter antar tiang. Tiang panjat untuk budidaya buah naga di kebun bisa di buat dari kayu ataupun beton.

3. Membuat Lubang Tanam

Cara menanam buah naga selanjutnya adalah dengan membuat lubang tanam di kebun atau lahan yang sudah di sediakan. Setiap tiang panjat yang dibuat, bisa di lengkapi dengan 4 lubang lubang tanam dengan kedalaman sekitar 25 cm.

Lubang tanam bisa di isi dengan campuran tanah, pasir, kapur pertanian jika ada, dan juga pupuk. Siram dengan air sampai basah, namun jangan sampai tergenang. Diamkan selama beberapa hari sampai kering.

Setelah 2 sampai 3 hari, Anda bisa menambahkan pupuk TSP dengan cara melingkari tiang panjat dengan jarak 10 cm dari tiang. Jika sudah, Anda bisa mendiamkannya sehari.

4. Menanam Buah Naga di Kebun

Pindahkan bibit buah naga dari polybag ke lubang tanam yang sudah di gali sebelumnya. Ikat batang tanaman sampai menyatu ke tiang panjat. Anda bisa membuang polybagnya, sedangkan bagian tanahnya bisa tetap menempel. Jika sudah, Anda bisa menimbun bibit menggunakan tanah hingga padat.

Pengikatan batang tanaman ke tiang panjat bisa di lakukan terus sampai tanaman ini memanjang 20 sampai 30 cm. Jangan lupa untuk memotong tunas dari tanaman saat ia bercabang sebelum mencapai puncak tiang panjatan. Namun, jika sudah sampai di tiang panjatan, tanaman bisa di biarkan untuk bercabang banyak.

Cara Budidaya Buah Naga dalam Pot

Cara Menanam Tanaman Buah Naga

Anda juga bisa memanfaatkan pot sebagai tempat untuk budidaya buah naga di pekarangan rumah. Budidaya buah naga dalam pot bisa di lakukan dengan beberapa cara seperti yang berikut ini :

1. Pemilihan Bibit dan Pot

Bibit sebaiknya di beli yang berkualitas agar mampu menghasilkan produk yang berkualitas juga. Sebaliknya, jika bibit tanaman yang di pilih buruk, maka tanaman buah ini juga berisiko menghasilkan tumbuhan tanpa buah. Inilah kenapa penting untuk memastikan bibitnya sehat dan juga baik.

Pemilihan bibit yang baik bisa di lihat dari jenis indukannya apakah memiliki batang hijau yang sehat atau tidak. Perhatikan juga apakah ada tanda-tanda penyakit tanaman atau tidak. Jika ada, sebaiknya pilih bibit lain yang lebih sehat.

Selain membeli, Anda juga bisa membuat indukan sendiri dengan metode stek. Metode stek menawarkan kelebihan di mana bibit yang di gunakan bisa menghasilkan sama baiknya dengan indukan.

Setelah memilih bibit yang di inginkan, Anda bisa menyiapkan pot dengan diameternya minimal 40 cm dan dengan tingi pot sekitar 40 cm. Untuk jenis potnya, Anda bisa siapkan beberapa jenis pot yang berikut ini :

Pot keramik => Memiliki kelebihan dengan bentuk yang unik dan cantik. Pot yang satu ini juga di buat dengan warna yang bervariasi. Cukup awet untuk digunakan selama bertahun-tahun

Pot plastik => Jenis pot yang satu ini bisa di beli di toko pot atau dengan di buat sendiri dengan memanfaatkan ember. Bisa juga dengan menggunakan wadah cat

Pot drum => Memiliki harga yang murah dan awet saat di gunakan. Meski demikian, drum bisa muncul karat saat di gunakan dalam jangka waktu yang panjang

Pot tanah liat => Jenis pot yang satu ini awet saat di gunakan, namun dengan warna yang terbatas. Pot dari tanah liat biasanya hanya menyediakan pot dengan warna coklat ataupun hitam saja. Namun harganya cukup hemat di kantong, sehingga mampu menekan pengeluaran Anda

2. Tiang Panjatan untuk Cara Menanam Buah Naga

Seperti yang di ketahui, tanaman yang menghasilkan buah dengan rasa manis ini mampu tumbuh menjulang tinggi. Sayangnya, tanaman ini memiliki batang yang tidak kokoh. Inilah kenapa penggunaan tiang panjat menjadi salah satu cara budidaya buah naga yang harus di perhatikan.

Penggunaan tiang panjat sendiri bisa di lakukan dengan memanfaatkan kayu ataupun beton. Tentukan sendiri sesuai dengan ketersediaan bahan yang ada.

3. Media Tanam untuk Tanaman Buah Naga

Beberapa bahan yang perlu di siapkan untuk membuat media tanam antara lain adalah pasir, tanah, batu bata merah atau kerikil, kapur pertanian 100 gram (tidak harus ada), dan juga pupuk. Selanjutnya, pembuatan media tanam bisa di lakukan dengan cara yang berikut ini :

Masukkan dulu batu bata merah ataupun kerikil ke dalam pot. Jangan lupa untuk menghancurkan batu bata terlebih dahulu

Masukkan tiang panjat ke dalam pot. Jika Anda menanam tanaman buah naga lebih dari 1, tiang panjat bisa di letakkan di bagian tengah pot. Namun jika 1 tanaman saja per pot, maka tiang panjat bisa di letakkan pada bagian tepi

Campurkan tanah, pupuk kandang, dan juga pasir lalu masukkan ke dalam pot. Tambahkan kapur pertanian jika ada

Jika sudah, Anda bisa menyiram pot lalu diamkan sehari agar merata

4. Cara Menanam Buah Naga ke Dalam Pot

Cara memindahkan tanaman buah ke dalam pot sebagai media tanam yang sudah di siapkan antara lain adalah sebagai berikut :

Menyiapkan bibit => Anda bisa mengambil bibir buah dari dalam polybag lalu masukkan ke dalam pot. Jangan lupa untuk menekan-nekan agar tanaman bisa lebih kokoh menancap di media tanam yang sudah di sediakan

Perkuat dengan rafia => Anda bisa mengikat tanaman dengan tali rafia agar semakin kokoh dan tidak mudah rubuh. Jika sudah, Anda bisa menempatkan tanaman ke lokasi budidaya yang di inginkan

Agar tanaman bisa tumbuh secara lebih subur, Anda bisa melakukan penyiraman sebanyak 2 kali sehari saat musim kemarau. Pastikan untuk melakukan penyiraman secukupnya saja, jangan sampai airnya menggenang. Pastikan juga untuk memangkas sulur tanaman yang tidak sehat. Pemangkasan juga bisa di lakukan jika tunas baru muncul terlalu banyak.

Anda juga sebaiknya melakukan pemupukan tanaman secara rutin untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dari tanaman. Jenis pupuk yang bisa di gunakan adalah pupuk buatan dan juga pupuk kandang. Dengan melakukan pemupukan, nutrisi tanaman akan tercukupi hingga bisa menghasilkan panen yang banyak serta menguntungkan.

Cara menanam buah naga agar bisa menghasilkan panen yang baik, sebaiknya di mulai dari pembelian bibit yang berkualitas. Dengan bibit yang berkualitas, potensi panen yang akan di dapatkan juga akan lebih menggiurkan.

Untuk melakukan pemesanan bibit tanaman buah berkualitas, Anda bisa langsung menghubungi Tanamanmart. Kami menyediakan berbagai bibit tanaman yang berkualitas, yang bisa nada pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu khawatir karena pemesanan bibit bisa di lakukan dengan mudah dan cepat melalui salah satu pilihan kontak yang kami sediakan.

twitterlinkedinwhatsapptelegraminstagram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rekening Kami
©TanamanMart.com
CS: 0812-1303-0404
whatsappphone