Jual bibit tanaman buah terlengkap & bergaransi, TABULAMPOT, Pupuk & Media Tanam

Mengenal Durian Duri Hitam atau Durian Ochee, Pesaing Berat Musang King

Artikel / Mengenal Durian Duri Hitam atau Durian Ochee, Pesaing Berat Musang King

Durian duri hitam adalah salah satu varietas durian yang populer saat ini. Varietas ini tak kalah unggul dibandingkan durian Musang King yang memiliki kualitas super. Bagi Anda pecinta durian, maka wajib mencoba durian yang juga disebut sebagai orchee ini.

Durian ini di kenal sebagai durian berduri hitam karena bagian ujung duri berwarna hitam. Jenis durian ini banyak di sukai dan populer. Bahkan, mayoritas penikmat durian mengakui bahwa durian jenis ini memiliki kualitas rasa lebih baik dibandingkan durian Musang King. Selain itu, durian ini dianggap sangat produktif dan ketahanannya cukup baik.

Apa Itu Buah Durian Duri Hitam atau Durian Ochee

durian duri hitam

Buah durian merupakan buah yang memiliki lapisan berduri di kulit terluarnya dengan nama ilmiah Durio sp. Pada mulanya buah durian hitam lebih di kenal sebagai Durian Ochee atau Black Thorn/ durian D-200 berasal dari Provinsi Wellesley, Penang Malaysia.

Jenis durian Ochee ini mulanya di kembangkan sejak tahun 1980-an. Tetapi, perkembangan durian duri hitam di kenal masyarakat Malaysia secara luas sekitar tahun 2005. Jenis durian ini juga telah memenangkan berbagai kompetisi sebagai durian terbaik nasional di tahun 2012 oleh Kementerian Pertanian Malaysia.

Setelah itu, durian hitam ini memenangi juara nasional 3 kali berturut-turut mengalahkan durian yang sebelumnya terkenal  yaitu durian Musang King.

Durian duri hitam merupakan tanaman buah hasil persilangan antara buah unggul di Malaysia. Buah durian ini merupakan tanaman produktif dengan banyaknya bunga yang muncul maka kemungkinan besar buahnya juga banyak. Buah berduri ini juga memiliki ketahanan cukup baik pada cuaca kering. Meskipun, lapisan kulit buah berwarna hitam buah ini tidak mengandung racun.

Karakteristik Durian Hitam

Buah durian berduri hitam memiliki banyak keunikan tersendiri. Salah satunya adalah daging buahnya berwarna kuning keemasan, tekstur daging buah lembut dan creamy. Selain itu, daging buahnya juga tebal sehingga menghadirkan kepuasan sendiri bagi yang menyantapnya.

Tentunya, citarasa dan tekstur buah demikian membuat pecinta durian semakin ketagihan menikmati durian hitam ini. Selain itu, aroma durian sangat harum, namun tidak tajam. Apalagi, buah ini memiliki rasa manis legit dengan tambahan rasa agak pahit. Cita rasa tersebut membuat buah ini semakin banyak di sukai para pecinta durian di dunia termasuk di Indonesia.

Selain ciri buahnya yang menggoda, durian memiliki ukuran biji yang tidak terlalu besar dengan pongge relatif lebih banyak di bandingkan jenis durian lainnya. Selain memiliki ciri khusus pada daging buahnya, durian ini memiliki karakteristik duri berwarna hijau kecokelatan dengan ujungnya berwarna hitam. Duri-duri pada buah durian tidak terlalu tajam dan terlihat mirip buah beracun. Hal ini yang membuat durian hitam semakin istimewa di bandingkan jenis durian lainnya.

Mudah Beradaptasi

Buah duri hitam ini sangat mudah beradaptasi sehingga mudah di budidayakan baik di dataran tinggi maupun dataran rendah. Tidak hanya itu, buah berduri ini memiliki kemampuan bertahan dalam cuaca kering. Kemudahan adaptasi durian ini sudah mulai banyak di budidayakan di Indonesia dan banyak yang mengembangkan bibitnya.

Durian ochee tidak hanya mudah beradaptasi, namun mudah berbuah alias genjah. Biasanya, buah durian dapat di nikmati setelah umur 3-4 tahun setelah tanam bibit hasil okulasi.

Hal ini berbeda dengan jenis buah lain yang dipanen saat umur buah mencapai 5-6 tahun setelah tanam. Tentunya, buah durian duri hitam akan lebih cepat berbuah apabila Anda menggunakan bibit buah durian dongkelan atau bibit durian duri hitam yang memiliki ukuran besar.

Tanaman buah durian yang akan di budidiayakan harus memperhatikan kondisi lingkungannya. Apabila kondisi lingkungan tidak sesuai dengan kondisi lingkungan yang kurang mendukung dapat menyebabkan pertumbuhannya melambat. Terdapat beberapa syarat yang harus di penuhi agar buah durian hitam tumbuh dengan baik di antaranya meliputi :

Kondisi Iklim

Kondisi curah hujan sangat menentukan tumbuh kembang pohon durian yang akan Anda budidayakan. Biasanya, curah hujan maksimum agar durian dapat tumbuh dengan baik yaitu, 3000-3500 mm/tahun, sedangkan paling kecil 1500-3000 mm/tahun. Selain itu, kondisi curah hujan harus merata setiap tahunnya dengan bulan kemarau berkisar 1-2 bulan sebelum berbunga.

Selain itu, kebutuhan sinar matahari untuk pertumbuhan buah durian berkisar 60-80%. Namun, intensitas sinar matahari perlu di batasi ketika durian masih dalam bentuk bibit dengan memanfaatkan paranet. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada temperatur rata-rata 20-300C. Tanaman ini dapat tumbuh ddibawah suhu 20 derajat celcius, namun pertumbuhan durian tidak normal. Apabila suhu di atas 30 derjaat celcius maka daun durian akan terbakar.

Ketinggian Tempat Budidaya

Tanaman buah durian berduri hitam dapat tumbuh di dataran rendah dengan ketinggian mencapai 1.000 mdpl. Tetapi, angka produksi tanaman durian terbaik pada ketinggian 400-600 mdpl.

Selain itu, kebutuhan sinar matahari sangat penting bagi pertumbuhan tanaman durian untuk melangsungkan proses fontosintesis. Proses tersebut melibatkan sinar matahari, air dan karbondioksida yang nantinya diubah menjadi oksigen dan energi pada daun. Proses penyinaran harus di lakukan secara tepat dan konsisten.

Topografi Dan Kondisi Tanah

Tanaman durian membutuhkan tanah yang subur dan kaya dengan bahan organik. Partikel susunan pada tanah harus seimbang antara debu dan pasir sehingga memudahkan untuk membentuk remahan. Jenis tanah yang sesuai dengan kondisi tanah adalah ondosol dan grumosol dengan karakteristik berawarna hitam keabu-abuan, lapisan tanah atas berbutir dan kelam, sedangkan lapisan bawahnya memiliki ciri bergumpal dan pengikatan air tinggi.

Tanaman durian dapat di budidayakan dengan tingkat derajat keasaman mencapai pH 5-7, sedangkan pH optimum berkisar 6-6,5. Tanaman buah ini  merupakan tanaman tahunan dengan sistem perakaran dalam, sehingga membutuhkan kandungan air dengan kedalaman mulai dari 50-150 cm dan 150-200 cm.

Apabila kedalaman airnya terlalu dangkal maupun dalam. Kondisi tersebut dapat menyebabkan rasa buah yang di hasilkan tidak manis, bahkan tanaman mengalami kekeringan maupun busuk akar.

Kandungan Nutrisi Buah Durian Ochee (Duri Hitam)

Buah durian tidak hanya di kenal memiliki rasanya yang manis dan legit. Buah durian hitam memiliki beberapa manfaat kesehatan di antaranya meliputi :

Kaya serat => Konsumsi buah ini bisa membantu mengatasi masalah buang air besar atau konstipasi. Hal ini karena buah ini mengandung serat yang baik bagi pencernaan tubuh.

Mengandung nutrisi berupa vitamin B-6 => Manfaat vitamin ini dapat membantu meningkatkan produksi serotonin. Apabila kadar hormon tersebut rendah dapat memicu terjadinya stress atau depresi.

Mengandung banyak kalium => Kandungan kalium dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Hal ini di karenakan kalium merupakan zat elektrolit yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, zat ini juga membantu menjaga kadar natrium dan pengaturan detak jantung.

Mengandung triptofan => Kandungan senyawa tersebut dapat masuk ke otak dan di ubah menjadi serotonin. Setelah itu, serotonin melepaskan melatonin ke dalam aliran darah sehingga tubuh menjadi lebih rileks.

Mengandung karbohidrat => Kandungan senyawa ini di dalam 100 gram buah durian berkisar 21%. Kebutuhan asupan karbohidrat yang kaya dapat meningkatkan kembali energi. Konsumsi buah durian dapat di jadikan camilan sebelum berolahraga. Hal ini di lakukan agar Anda dapat kuat selama olahraga berlangsung.

Mengandung kalsium => Buah durian hitam mengandung kalsium yang dapat membantu menjaga kesehatan pertumbuhan tulang dan gigi. Apabila konsumsi kalsium di usia 20-25 tahun kurang cukup dapat menyebabkan penyakit tulang rapuh di kemudian hari.

Selain beberapa kandungan nutrisi di atas, buah durian Ochee memiliki beberapa zat gizi lainnya meliputi, vitamin C, A dan B. Selain itu, buah durian memiliki serat tinggi yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

6 Manfaat dari Buah Durian Duri Hitam

Buah durian mengandung nutrisi yang dapat membantu mencukupi asupan tubuh. Karena itu, banyak yang mengkonsumsi buah yang aromanya menyengat ini untuk bisa merasakan berbagai manfaatnya. Beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah ini adalah sebagai berikut :

1. Membantu Mengatasi Penyakit Demam

Buah durian hitam tidak hanya terkenal dengan kelezatan rasanya saja. Bagian akar durian Ochee dapat di gunakan untuk pengobatan tradisional. Biasanya, akar di fungsikan untuk obat demam.

2. Sebagai Obat Cantengan

Bagi Anda yang memiliki masalah penyakit kulit akibat terlalu lama berendam di air yang kotor, maka bagian daun durian dapat di jadikan sebagai obat. Tata caranya Anda hanya perlu mencampur daun durian dengan jeringau atau Acorus calamus. Biasanya, campuran tersebut di manfaatkan untuk obat cantengan atau infeksi pada kulit akibat kutu air dan lain sebagainya.

3. Membantu Mengatasi Masalah Sembelit dan Buang Air Besar

Buah durian duri hitam memiliki ujung duri berwarna hitam. Meskipun bagian kulit buah ini di anggap istimewa bukan berarti tidak memiliki manfaat sama sekali. Bagian kulit buahnya bermanfaat ini j untuk mengatasi masalah sembelit atau susah buang air besar. Selain itu, kulit buahnya juga mampu mengatas masalah penyakit kurap pada kulit.

4. Membantu Melancarkan Haid

Bagian kulit buah durian duri hitam tidak hanya di gunakan untuk obat kulit dan sembelit. Bagian kulit berdurinya tersebut dapat di fungsikan sebagai ramuan untuk melancarkan haid. Cara mengonsumsinya dengan cara membakar kulit buah durian menjadi abu.

5. Kuncup Daun dan Bagian Lain Bisa Dikonsumsi

Bagian tubuh buah durian tidak hanya di jadikan sebagai obat saja. Namun, bagian tanaman buah durian Ochee dapat di manfaatkan untuk dijadikan hidangan sayuran seperti pucuk mahkota bunga, buah muda dan pucuk.

6. Sebagai Campuran Pewarna Tradisional

Bagian kulit buah durian biasanya langsung di buang apabila buah pongge durian habis termakan. Bagian kulit buah ini juga bisa di jadikan sebagai pewarna tradisional. Tata cara menggunakannya dengan membakar kulit buah lalu di olah menjadi pewarna.

Kelebihan Durian Duri Hitam dari Jenis Durian Lainnya

durian duri hitam

Keunggulan buah durian ini di bandingkan buah lainnya adalah karakteristik fisik dan rasanya yang unik. Bahkan, rasa legit manis buah ini lebih nikmat di bandingkan durian montong Thailand maupun durian Musang King.

Selain itu, buahnya yang tebal, creamy dan aromanya cenderung kuat. Buahnya dapat mencapai bobot sekitar 2-3 kilogram. Kelebihan lainnya buah ini sangat genjah dan mudah menyesuaikan dengan lingkungannya. Buah ini dapat berbuah kurang lebih setelah masa tanam 3-4 tahun dari penanaman okulasi.

Harga Durian Duri Hitam atau Durian Ochee

durian duri hitam

Buah durian duri hitam merupakan buah unggulan dengan citarasa manis legit dan karakteristik fisik yang unik. Selain itu, buah ini sudah di nobatkan memenangkan berbagai ajang nasioanl sebanyak 3 kali berturut-turut. Tentunya, harga buah durian Ochee masih terbilang fantastis di bandingkan durian Musang King. Kisaran harga Rp.550.000 per kilogram.

Apabila di taksir dengan bobot buah durian durian duri hitam pada umumnya mencapai 3 kilogram dapat di pastikan harganya dapat mencapai total sekitar 1,5 juta lebih. Harga buah demikian cukup menggiurkan bukan? Apabila Anda tertarik untuk membudidayakannya, Anda perlu mengetahui harga bibit durian duri hitam (ochee) berkualitas dan terbaik.

twitterlinkedinwhatsapptelegraminstagram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
©TanamanMart.com
CS: 0812-1303-0404
whatsappphone