Jual bibit tanaman buah terlengkap & bergaransi, TABULAMPOT, Pupuk & Media Tanam

Manfaat Buah Jeruk Lemon Bagi Tubuh Kita

Artikel / Manfaat Buah Jeruk Lemon Bagi Tubuh Kita

Jeruk lemon adalah salah satu buah yang sudah sangat dikenal dan mudah dijumpai di Indonesia. Jenis jeruk yang satu ini memiliki nama latin citrus limon yang menawarkan rasa asam. Lemon sendiri memiliki warna kuning cerah dan dengan ukuran yang lebih besar dari jeruk nipis. Banyak yang percaya jika lemon pertama kali berasal dari kaki gunung Himalaya, timur laut India yang kemudian menyebar ke seluruh daerah Timur Tengah, Burma, Cina, benua Eropa, Amerika, hingga benua Afrika.

Tanaman Lemon sendiri baik di budidayakan di area yang gembur dan juga organik. Lahan juga sebaiknya memiliki kandungan unsur hara yang baik agar nutrisi tanaman bisa tercukupi. Budidaya tanaman lemon sendiri banyak di lakukan di Indonesia, seperti halnya di Kota Batu, Tuban, dan berbagai daerah yang lainnya. Lemon bisa di olah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman.

Sebagai contoh adalah es lemon, jus lemon, hingga infused water lemon yang menyengarkan. Sedangkan untuk olahan makanan, jeruk ini juga seringkali berguna sebagai bahan tambahan untuk mengolah bahan makanan ayam, ikan, dan lainnya. Beberapa kandungan yang bisa kita temukan di dalam lemon antara lain adalah karbohidrat, kalium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, energi, selenium, dan lain sebagainya. Karena itu, buah ini mengandung banya manfaat bagi Anda, seperti halnya :

1. Jeruk Lemon untuk Kesehatan Mulut

jeruk lemon

Kandungan buah ini berguna untuk membuat nafas menjadi lebih segar hingga untuk memutihkan gigi. Dengan demikian,  Anda juga akan lebih percaya diri saat berbicara di depan orang lain. Berikut ini penjelasan secara lebih lengkapnya :

Menyegarkan nafas => Manfaat ini bisa didapat dengan cara menggunakan air lemon untuk berkumur. Meski demikian, langkah membuat nafas segar satu ini sebaiknya tidak dilakukan secara sering karena bisa merusak email gigi dengan kandungan asamnya.

Memutihkan gigi => Buah yang satu ini mengandung vitamin C yang sangat baik dalam membuat gigi menjadi lebih cerah. Buah ini juga mengandung asam nitrat di dalam yang berguna dalam merangsang produksi air liur yang berguna untuk membersihkan mulut.

Selain bagus untuk menyegarkan nafas, perasan buah lemon juga bisa digunakan untuk meredakan gusi yang bengkak dan berdarah. Hal ini tidak lepas dari kandungan vitamin C di dalam lemon yang tinggi. Cara ini adalah yang mudah dan murah dan bisa Anda lakukan setiap saat.

2. Manfaat Lemon untuk Kesehatan Jantung

Lemon menjadi salah satu jenis buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi agar risiko terjadinya penyakit jantung bisa menurun. Manfaat lemon yang satu ini tidak lepas dari kandungan sehat berupa vitamin C di dalamnya. Vitamin ini sangat melimpah pada lemon.

Seperti yang diketahui, kekurangan jenis vitamin ini bisa mengarah pada terjadinya berbagai gangguan penyakit yang serius seperti halnya stroke hingga serangan jantung. Dengan mengonsumsi buah jeruk satu ini secara rutin, berbagai jenis penyakit berat juga bisa lebih dicegah.

Tentunya, pencegahan akan lebih baik daripada mengobati. Karena itu, Anda bisa manfaatkan buah ini sebagai bahan makanan yang sehat, murah dan bisa diolah ke dalam makanan maupun minuman yang lezat.

3. Manfaat Jeruk Lemon untuk Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh yang kuat membuat tubuh tidak mudah sakit. Namun untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat, asupan sehari-hari juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah demgan mengonsumsi lemon yang kaya akan vitamin C di dalamnya.

Kandungan lemon berupa vitamin C berguna sebagai antioksidan bagi tubuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan sehat yang satu ini bagus dalam mencegah terjadinya infeksi penyakit yang bisa datang dari mana saja, seperti lingkungan hingga cuaca yang tidak menentu.

Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, anda juga tidak akan rentan terhadap penyakit. Alhasil, Anda juga akan lebih bersemangat saat harus menjalankan berbagai kegiatan sehari-hari secara lebih lancar.

4. Jeruk Lemon untuk Mengatasi Flu

Flu menjadi salah satu jenis penyakit yang bisa mengganggu siapa saja, baik yang tua ataupun yang muda. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan lemon dengan langkah yang mudah. Cara penggunaan lemon adalah dengan meminum secangkir air lemon hangat secara teratur.

Tidak hanya flu, namun, lemon juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan pilek yang menganggu. Konsumsi jenis buah yang satu ini juga bisa mengatasi saluran hidung yang gatal. Dengan banyaknya manfaat dari lemon tersebut, maka tidak ada salahnya untuk selalu siap sedia lemon untuk mengatasi gangguan flu ataupun gangguan kesehatan yang lainnya.

5. Manfaat Air Lemon untuk Mencegah Dehidrasi

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang bisa kita olah menjadi berbagai jenis minuman. Ada jus, es lemon, hingga infused water lemon yang bermanfaat untuk mencegah dehidrasi tubuh.

Bagi Anda yang tidak menyukai rasa air putih alami, maka menambahkan perasan lemon di minuman akan terasa lebih menyegarkan. Alhasil, seseorang juga akan tertarik untuk minum secara lebih banyak. Manfaat air lemon sendiri bisa kita dapatkan salah satunya dengan resep pembuatan yang berikut ini :

Bahan yang perlu disiapkan => Siapkan dulu bahannya seperti 1 gelas air, 2 sendok makan madu tanpa gula, dan juga buah lemon

Cara pembuatan => Iris lemon lalu masukkan ke dalam gelas yang sudah terisi air sebelumnya. masukkan juga madu lalu aduk pelan dan diamkan sekitar 1 sampai 2 jam di dalam lemari es. Lemon madu sudah bisa dinikmati

Tidak hanya segar, resep satu ini juga bagus untuk menjaga kesehatan tubuh sehari-hari dan menghindarkan Anda dari gejala kekurangan cairan.

6. Jeruk Lemon untuk Mencegah Anemia

Anemia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang memiliki beberapa gejala seperti rasa lemas dan cepat lelah. Anemia juga menyebabkan seseorang menjadi lebih sering mengantuk dengan kulit yang terlihat pucat hingga kekuningan. Hal tersebut bisa terjadi saat seseorang mengalami kekurangan zat besi.

Gangguan anemia bisa kita atasi salah satunya dengan mengonsumsi lemon dengan kandungan vitamin C tinggi yang membantu terjadinya penyerapan zat besi dalam tubuh. Dengan demikian, terjadinya gejala anemia juga akan bisa tertanggulangi sedini mungkin.

Anda bisa mencampurkan air buah ini untuk tambahan minuman atau makanan Anda. Namun bila Anda memiliki gejala sakit asam lambung, akan lebih baik untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan atau bisa konsultasi dulu ke dokter.

7. Buah Lemon untuk Meredakan Stres

jeruk lemon

Stres menjadi salah satu gangguan yang sebaiknya terus kita waspadai karena tidak hanya berdampak pada fisik, namun juga mental. Stres bisa menjangkiti siapa saja dengan sumber yang bervariasi seperti tekanan pekerjaan, tekanan keluarga, atau bahkan karena lingkungan pergaulan yang tidak sehat.

Untuk mengatasi stres agar tidak berlanjut dan semakin parah, maka manfaat buah lemon bisa menjadi andalan. Buah yang satu ini memiliki banyak nutrisi termasuk juga mengandung minyak essential yang bagus dalam meningkatkan mood. Hanya dengan menghirup aromanya saja, stres bisa berkurang, sehingga mood yang baik akan kembali.

Stres sendiri bisa menyerang siapa saja. Selain dengan mengandalkan manfaat jeruk lemon, penting juga untuk melakukan managemen stres dengan baik. Sesekali manjakan diri dengan melakukan me time hingga hobi yang membuat senang.

8. Jeruk Lemon untuk Menurunkan Berat Badan

Terutama bagi wanita, berat badan yang tidak ideal dan cenderung gemuk menjadi masalah tersendiri. Tidak jarang mereka melakukan diet ekstrim agar tubuhnya bisa kembali ideal. Padahal, mengatasi berat badan berlebih sendiri bisa dengan banyak cara tanpa harus melakukan diet yang berbahaya.

Caranya adalah dengan menjalankan pola hidup sehat. Pola hidup sehat bisa kita lakukan dengan berolahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat yang mampu membantu terjadinya penurunan berat badan. Selain itu, pelaku diet juga bisa memanfaatkan air lemon.

Dalam memanfaatkan lemon, Anda bisa memasukkan air lemon hangat ke dalam menu diet yang untuk penurunan berat badan secara lebih cepat. Selain membantu penurunan berat badan, manfaat air lemon juga bagus dalam mengecilkan perut yang buncit. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Manfaat Lemon untuk Kecantikan Wajah

jeruk lemon

Selain masalah berat badan, kerutan juga menjadi masalah lain yang sering menjadi keluhan kaum perempuan. Buah yang satu ini bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan kulit tubuh. Beberapa khasiat ampuh dari buah jeruk jenis ini adalah mampu menjaga kelembapan kulit, kulit terlihat segar, hingga mengurangi kerutan.

Berbagai manfaat dari lemon di atas, bisa kita dapatkan dari kandungan sehatnya yang berupa vitamin C di dalamnya. Vitamin C dalam dunia kecantikan sendiri sudah teruji khasiatnya. Tidak heran jika kini banyak produk kecantikan yang terbuat dari vitamin C sebagai salah satu formula di dalam produk.

Manfaat Bagi Kecantikan

Manfaat lemon lainnya untuk kecantikan wajah adalah memudarkan jerawat dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Jerawat sendiri menjadi salah satu gangguan wajah yang banyak menjadi keluhan. Gangguan yang satu ini bisa terjadi terutama akibat pola hidup yang tidak sehat hingga karena faktor lingkungan.

Untuk memudarkan jerawat pada kulit wajah secara mudah dan juga praktis, Anda bisa ikuti cara yang berikut ini :

Membuat jus lemon => Anda bisa mencampurkan jus lemon segar dengan minyak kelapa ataupun almond

Aplikasi bahan => Gunakan bahan yang sudah ada kemudian oleskan pada wajah. Setelah sekitar 3 menit, Anda bisa membilasnya dan gunakan pelembap.

Masih banyak lagi manfaat jeruk lemon untuk kecantikan juga kesehatan wajah. Dengan penggunaan bahan alami yang satu ini, Anda juga akan tampil secara lebih percaya diri dengan wajah yang lebih cantik dan terawat.

Dari ulasan di atas, bisa kita simpulkan jika jenis buah jeruk lemon memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Tidak hanya berguna untuk mencegah gangguan kesehatan yang berat, namun juga gangguan yang ringan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka perawatan untuk kesehatan dan kecantikan tubuh, maka penggunaannya bisa secara rutin.

Bagi Anda berminat dari buah lemon yang ingin membudidayakannya sendiri, Anda bisa membeli bibit tanaman buah dari jenis jeruk lemon dari tanamanmart. Kami menyediakan berbagai produk unggulan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika berminat, Anda bisa menghubungi salah satu kontak resmi yang kami sediakan.

twitterlinkedinwhatsapptelegraminstagram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rekening Kami
©TanamanMart.com
CS: 0812-1303-0404
whatsappphone