Jual bibit tanaman buah terlengkap & bergaransi, TABULAMPOT, Pupuk & Media Tanam

Mengenal Buah Kedondong Dan Manfaatnya

Artikel / Mengenal Buah Kedondong Dan Manfaatnya

Hampir semua orang tentu tahu apa itu kedondong dan keunikan rasanya. Buah yang satu ini memiliki nama ilmiah Spondias Dulcis dengan kulit yang tipis dan juga kaku. Meski demikian, buah ini memiliki bagian dalam yang cenderung lunak dan berair. Buah ini juga memiliki biji tunggal dengan bentuk buahnya yang lonjong. Untuk rasanya, buah ini cenderung asam bercampur manis.

Syarat tumbuh pohon buah ini idealnya adalah berada di tanah berpori, gembur, dan juga memiliki kandungan banyak bahan organik. Pohon buah ini juga tumbuh baik di dataran rendah dengan iklim kering sampai dengan 700 m di atas permukaan laut. Selain itu, jenis tanaman yang satu ini juga membutuhkan banyak cahaya matahari.

Pohon ini berasal dari Asia Selatan dan juga Asia Tenggara, yang kemudian menyebar di berbagai daerah tropik. Di Indonesia sendiri, pohon ini mudah tumbuh dan berkembang pada berbagai tempat. Adapun salah satu daerah penghasil buah dengan warna hijau ini adalah Karimunjawa di Jawa Tengah.

Buah dari tanaman satu ini banyak berguna sebagai bahan untuk berbagai olahan seperti halnya bahan pembuatan rujak, asinan, manisan, hingga dijadikan sebagai minuman segar jus. Selain enak untuk dijadikan sebagai olahan, jenis buah yang satu ini juga banyak digunakan untuk meningkatkan kesehatan dan juga kecantikan tubuh.

Manfaat yang banyak dari buah ini tidak lepas dari berbagai kandungan sehat yang terdapat di dalamnya seperti halnya vitamin A, vitamin C, protein, serat, lemak, karbohidrat, forfor, zat besi, kalisum, dan lain sebagainya. Dengan berbagai kandungan sehat tersebut, lantas apa saja manfaat buah ini bagi kesehatan dan kecantikan?

Untuk lebih jelasnya mengenai manfaat buah satu ini, Anda bisa langsung simak ulasannya yang berikut ini :

1. Menurunkan Berat Badan

kedondong

Manfaat yang satu ini tentu membuat banyak orang tertarik. Buah yang satu ini mampu membantu program penurunan berat badan yang tengah Anda lakukan. Hal ini tidak lepas dari kandungan buah yang rendah kalori juga lemak didalamnya. Bukan hanya itu, buah ini juga memiliki kandungan nutrisi sehat berupa serat dan juga air di dalamnya.

Kandungan yang berupa serat dan air, membantu seseorang untuk mendapatkan rasa kenyang. Alhasil, Anda juga bisa mencegah konsumsi makanan yang berlebihan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu Anda bisa mengimbanginya dengan rutin melakukan olahraga dan mengonsumsi asupan sehat yang lainnya.

2. Menyehatkan Penglihatan Mata

kedondong

Organ penglihatan mata memiliki peran yang sangat besar untuk membantu manusia dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Inilah kenapa penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan mata mulai dari sekarang. Hal ini dilakukan agar mata bisa terhindar dari gangguan kesehatan yang membuat fungsi mata menurun.

Adapun salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi buah kedondong. Buah yang satu ini mengandung berbagai nutrisi sehat, termasuk juga vitamin A di dalamnya.

Kandungan sehat yang satu ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan menjauhkannya dari berbagai gangguan. Selain mencegah gangguan kesehatan pada mata, vitamin A juga bagus dalam mengatasi dan mencegah berbagai gangguan lain yang ada pada mata.

3. Kedondong Untuk Mengatasi Anemia

kedondong

Anemia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari jika tidak segera diatasi. Salah satu cara mengatasi anemia secara alami adalah dengan mengonsumsi jenis buah yang satu ini. Buah dengan rasa manis pada saat matang ini mengandung zat besi yang berguna dalam pembentukan sel darah merah.

Tidak hanya zat besi, buah ini juga mengandung vitamin B1 yang dapat membantu terjadinya produksi sel darah merah. Vitamin ini juga bagus untuk meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh hingga mencegah gejala anemia.

Hebatnya lagi, buah kedondong juga mengandung vitamin C di dalamnya. Kandungan ini berperan untuk meningkatkan terjadinya penyerapan zat besi dari makanan. Anda bisa mengonsumsinya secara cukup untuk mencegah terjadinya anemia dan berbagai gejalanya.

4. Manfaat Kedondong Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Memiliki tubuh yang sehat serta tidak mudah sakit, tentu diinginkan oleh semua orang. Sayangnya, radikal bebas hingga konsumsi makanan yang tidak sehat, membuat tubuh mudah terserang gangguan kesehatan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi buah dengan kulit berwarna hijau satu ini dengan berbagai kandungan sehat didalamnya.

Buah ini mengandung vitamin A, vitamin C, serta nutrisi lain yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan buah tersebut juga bagus dalam memelihara fungsi sel darah putih yang berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

5. Kedondong Untuk Meningkatkan Kecantikan Kulit

Semua orang menginginkan kulit yang sehat dan juga cantik. Namun berbagai gangguan seperti halnya polusi, asap rokok, hingga sinar UV bisa mengurangi kecantikan kulit hingga merusaknya. Untuk mencegah terjadinya kerusakan kulit yang lebih parah dan menjaganya supaya tetap cantik, Anda bisa mengonsumsi buah sehat kedondong.

Buah kedondong memiliki kandungan sehat berupa antioksidan di dalamnya. Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang bermanfaat dalam membantu terjadinya pembentukan kolagen hingga menjaga kelenturan alami kulit. Dengan kandungan sehat dari buah ini, Anda juga akan tampil secara menawan dengan kulit yang cantik serta jauh dari penuaan dini.

Manfaat lainya dari buah satu ini adalah mampu membantu terjadinya penyembuhan luka. Buah satu ini memiliki kandungan vitamin A di dalamnya yang bagus dalam menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh. Tidak heran jika konsumsi buah ini bagus dalam membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

6. Manfaat Buah Kedondong untuk Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Menjaga kesehatan jantung penting untuk dilakukan, supaya organ ini bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi kedondong yang masih memiliki rasa asam atau saat buah masih dalam keadaan mentah. Buah ini mengandung serat yang berperan dalam mengurangi kolesterol dan trigliserida di dalam darah.

Buah ini juga mengandung kandungan sehat lainnya yang berupa antioksidan dan vitamin C untuk mencegah aterosklerosis. Gangguan yang satu ini adalah penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah serta memicu terjadinya gangguan penyakit jantung.

7. Kedondong Untuk Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Apakah Anda mengalami gangguan susah buang air besar ? Jika iya, Anda bisa mengonsumsi buah dengan warna hijau kekuningan satu ini. Buah ini memiliki kandungan sehat berupa serat pangan yang bagus dalam membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

Dengan manfaat dari buah tersebut, maka sembelit bisa teratasi dan juga dicegah. Manfaat lain buah ini bagi pencernaan adalah bisa mencegah terjadinya gangguan pencernaan yang lain seperti halnya wasir dan juga divertikulitis.

Manfaat dari buah ini tidak lepas dari berbagai kandungan sehat yang berupa serat dan juga antioksidan. Untuk menjaga pencernaan tetap sehat, Anda juga bisa mengimbangi konsumsi serat Anda dengan air putih. Anda bisa memakannya secara langsung, menjadikannya jus atau campuran rujak buah.

8. Manfaat Sehat Buah Kedondong Untuk Mengatasi Batuk

Batuk menjadi salah satu gangguan kesehatan yang cukup menganggu karena menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Manfaat kedondong berperan dalam meringankan gejala batuk dengan kandungan vitamin C dalam buahnya. Kandungan ini bermanfaat dalam meredakan batuk yang terjadi karena alergi, merokok, atau pengaruh dari virus flu.

Bagaimana caranya? Caranya cukup mudah yaitu dengan memarut buah lalu sisihkan airnya. Jika sudah, Anda bisa menambahkan sedikit garam dan konsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari. Dengan gejala batuk yang mereda, aktivitas pekerjaan hingga kegiatan berbaur dengan orang juga terasa lebih nyaman. Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan bagian daun dari tanaman.

Caranya adalah dengan menggunakan ekstrak dari daunnya untuk mengatasi batuk. Anda bisa siapkan dulu 3 sampai 4 lembar daun buahnya yang masih segar dengan menggunakan 2 gelas air bersih. Jika sudah, Anda bisa mendiamkannya dan saring ramuan tersebut untuk kemudian mengonsumsinya. Tambahkan madu jika perlu.

9. Khasiat Sehat dari Buah Kedondong untuk Menguatkan Tulang

Buah yang satu ini juga memiliki kandungan fosfor yang tinggi. Kandungan tersebut berperan dalam meningkatkan kekuatan tulang. Nutrisi sehat yang satu ini akan bekerja dengan kalsium guna membangun tulang juga gigi agar tetap kuat, sehat, dan jauh dari gangguan kesehatan.

Hebatnya lagi, buah kedondong juga mengandung vitamin C dalam buahnya. Kandungan vitamin C dalam buah bermanfaat dalam membantu terjadinya pembentukan kolagen yang menjadi fondasi dari mineralisasi tulang.

10. Mengatasi Infeksi

Ada banyak jenis infeksi kulit yang sebaiknya kita waspadai, seperti halnya psoriasis, kulit melepuh, kulit kering, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan manfaat buah kedondong, Anda tidak perlu khawatir karena buah ini berfungsi sebagai antioksidan alami.

Buah ini memiliki agen antimikroba yang berguna dalam mengatasi kondisi kulit yang tengah bermasalah. Dengan demikian, masalah kulit akibat infeksi juga bisa diatasi.

11. Manfaat Sehat Buah Kedondong Untuk Mengatasi kolesterol

Buah lezat ini memiliki kandungan sehat berupa vitamin C dalam buahnya. Kandungan sehat satu ini bagus dalam membantu memetabolisasi kolesterol. Dengan demikian, kadar kolesterol juga akan menjadi lebih terkontrol dan membuat tubuh Anda jauh dari gangguan kesehatan akibat kadar koleterol yang tidak terkontrol.

Masih banyak lagi manfaat kedondong lainnya yang bisa Anda dapatkan untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan. Dengan konsumsi secara rutin dan cukup, Anda juga akan mendapatkan berbagai manfaat sehat seperti di atas. Selain membeli sendiri buah yang satu ini secara langsung, Anda juga bisa membudidayakan tanamannya di lahan rumah.

Untuk membudidayakan tanaman buah yang satu ini, pastikan Anda mencukupi berbagai kebutuhan nutrisi tanamannya dengan pemberian pupuk secara teratur. Selain itu, ketahui juga syarat budidaya yang baik bagi tanaman agar bisa tumbuh subur dan menghasilkan buah yang banyak. Untuk hasil yang maksimal, Anda sebaiknya membeli bibit tanaman unggulan agar hasil panennya berlimpah.

Untuk melakukan pembelian bibit tanaman buah, Anda bisa segera menghubungi Tanamanmart. Kami merupakan pemasok bibit buah yang berkualitas dan ungggul baik secara online maupun offline. Anda bisa gunakan bibit tersebut keperluan budidaya sendiri atau untuk keperluan skala perkebunan yang lain. Jika berminat, Anda bisa langsung menghubungi kami melalui salah satu pilihan kontak resmi yang tersedia.

twitterlinkedinwhatsapptelegraminstagram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
©TanamanMart.com
CS: 0812-1303-0404
whatsappphone