Jual bibit tanaman buah terlengkap & bergaransi, TABULAMPOT, Pupuk & Media Tanam

Beragam Manfaat Buah Kedondong Dan Cara Budidayanya

Artikel / Beragam Manfaat Buah Kedondong Dan Cara Budidayanya

Tanaman kedondong termasuk ke dalam tanaman buah suku mangga-mangga (Anacardiaceae). Kedondong adalah tanaman buah yang sangat mudah ditemukan dan juga dapat tumbuh dengan baik di berbagai daerah di Indonesia. Manfaat buah kedondong sangatlah banyak mulai dari obat batuk alami, sumber lemak dan protein lalu masih banyak lagi manfaat kedondong lainnya. Membudidayakan Kedondong dalam pot atau Tanaman kedondong dalam pot sangat banyak terutama mereka yang terkendala dengan keterbatasan lahan.

Ciri khas tanaman buah ini adalah memiliki biji berserat tunggal. Daging buah yang rasanya asam saat masih muda dan manis saat sudah masak ini banyak yang mengkonsumsi pada saat kondisi segar. Di Indonesia sendiri, tanaman buah ini termasuk jenis buah yang banyak dijumpai dan juga pohon-pohon budidayanya tumbuh dengan baik dan  jumlah buah melimpah.

Sifat Tanaman Bibit Pohon Buah Kedondong

tanaman kedondong dalam pot

Buah kedondong adalah buah yang berasal dari Asia Tenggara dan juga Asia Selatan. Tanaman ini sudah tersebar luas ke beberapa negara tropis seperti Filipina, Malaysia, Kamboja, Laos, Vietnam, Myanmar, Thailand, dan juga negara kita Indonesia.

Hingga pada saat ini, membudidayakan tanaman ini pun bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus melewati proses yang sulit karena tanaman ini tidak memerlukan perawatan secara yang khusus. Hal ini karena sudah banyak bibit buah unggul yang dapat dengan mudah kita beli.

Sebelum memulai budidaya alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu manfaat buah kedondong dan juga karakter tanaman ini. Salah satu hal yang terpenting untuk mengetahuinya adalah tentang morfologi dan juga bagian-bagian tanaman. Selain itu perlu juga untuk mengetahui tentang bagaimana lingkungan yang ideal tempat hidup tanaman buah yang satu ini.

Syarat Tumbuh Pohon Kedondong

tanaman kedondong dalam pot

Meski rata-rata buah ini bisa tumbuh dengan baik di kawasan tropis Indonesia, namun agar pertumbuhannya maksimal, maka ada kondisi dan syarat tumbuh yang harus dipenuhi. Dengan demikian, buah akan memiliki ukuran yang maksimal, hama dan juga penyakit tidak mendekat, batang tumbuh dengan baik dan kuat.

Dalam hal ini, syarat tumbuh pohon kedondong termasuk cuaca, media tanam, dan juga kondisi tanah. Saat semua kondisi sudah ideal, maka kedondong bisa jadi tanaman budidaya yang sangat menjanjikan dengan hasil buah yang melimpah jumlahnya. Berikut ini syarat tumbuh untuk tanaman ini dan wajib mengetahuinya :

Iklim yang cocok untuk budidaya kedondong

Sebelum membeli bibit kedondong baik dari okulasi ataupun cangkok, ketahui dulu bagaimana tanaman ini bisa tumbuh dengan baik. Yang pertama adalah memperhatikan cuaca dan iklim.

Curah hujan yang sangat ideal untuk tanaman buah ini adalah sekitar 1.000 hingga 1.500 mm / tahun. Ciri khasnya adalah, pada saat musim kemarau datang maka daun-daun akan mengering dan juga beguguran satu persatu. Baru ketika pada saat musim hujan datang, maka daun ini akan bersemi kembali dan juga berwarna hijau.

Selain itu, sebagai tanaman tropis pohon buah kedondong ini juga membutuhkan banyak cahaya matahari. Jadi, jika pohon buah kedondong ini terhalang oleh naungan baik itu tanaman lain atau juga gedung, maka pertumbuhannya tidak akan maksimal. Hasil buah akan cenderung sedikit atau bahkan bisa tidak menghasilkan buah sama sekali.

Sedangkan jika melihatnya dari kadar udara, pohon ini butuh kelembaban udara sekitar 14% dengan temperatur sekitar 30°C. Kondisi ini sangat cocok dan ideal untuk tanaman buah kedondong.

Kondisi tanah untuk budidaya kedondong

Untuk budidaya tanaman buah kedondong, maka harus pula memperhatikan kondisi tanah. Idealnya, tanah yang disukai adalah tanah berpori, gembur dan mengandung banyak bahan organik. Kandungan organik inilah yang akan menyajikan nutrisi bagi pertumbuhan yang akan diserap oleh pohon melalui akarnya.

Sedangkan untuk tingkat keasaman tanah (pH) yang ideal adalah antara 5,5 dan 6,2. Selain itu, perhatikan kondisi media tanam. Tanaman buah kedondong tidak suka genangan air. Namun, kondisi kelembaban tanah juga harus diperhatikan. Tingkat air tanah yang dapat dicapai tanaman kedondong adalah antara 50 dan 200 cm.

Ketinggian tempat untuk budidaya kedondong

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan iklim kering hingga 700 m di atas permukaan laut. Di ketinggian seperti ini budidaya tanaman buah akan berpotensi untuk berhasil. Selain itu siapkan juga kebutuhan lingkungan yang ideal untuk tanaman buah ini seperti halnya kebutuhan air, pupuk, dan juga pembasmian gulma. Dengan begitu, maka produksi buah akan melimpah.

Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan

manfaat buah kedondong

1. Manfaat buah kedondong untuk menjadi obat batuk alami

Bagi anda yang menderita batuk bisa mencoba memberikan buah ini sebagai obat alami dan juga kaya manfaat. Berikut adalah persiapan atau langkah-langkah untuk mengolahnya agar mendapatkan manfaat dari buah kedondong ini.

- Parut semua buah yang telah bersih

- Peras hasil parutan buah tanpa menggunakan air

- Minumlah sari buah ini dua kali sehari

2. Manfaat buah kedondong untuk sumber lemak dan protein

Di dalam buah ini terkandung banyak zat gizi seperti protein dan lemak sehat. Dengan demikian maka konsumsi buah satu ini dapat membantu memastikan asupan protein dan lemak yang memadai.

Konsumsi harian buah ini memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Caranya adalah dengan memakannya segar maupun diperas sari buahnya.

3. Manfaat buah kedondong untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Buah ini mengandung vitamin C yang berlimpah. Karena itu, konsumsi buah ini akan meningkatkan sistem imun sebagai alat pertahanan tubuh melawan penyakit.

Selain itu, kandungan antioksidan yang ditemukan dalam buah ini juga membantu mencegah penuaan dini dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Manfaat buah kedondong untuk membantu proses pencernaan

Buah ini mengandung serat tinggi. Inilah yang membantu mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh. Serat sangat berguna untuk membantu memperlancar buang air besar sehingga proses pembuangan sisa makanan menjadi lancar.

Inilah salah satu obat alami ketika mengalami sembeli. Namun kadarnya jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya karena justru akan memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan.

5. Manfaat buah kedondong untuk sumber gula alami bagi tubuh

Manfaat lainnya dari buah ini untuk kesehatan adalah membantu memenuhi kebutuhan gula tubuh. Buah ini mengandung gula alami yang dianggap lebih sehat daripada gula buatan lainnya. Dapatkan manfaat ini dengan mengkonsumsi jus buah atau makan buahnya secara langsung.

6. Manfaat buah kedondong untuk membantu menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C dalam buah ini membantu memperbaiki jaringan dan memelihara kulit. Kandungan inilah yang membantu meningkatkan produksi jumlah kolagen dan meningkatkan kesehatan kulit. Karena hal itulah, dapat menggunakan buah ini untuk mengobati berbagai penyakit kulit.

Daun kedondong dapat direbus dan ekstraknya digunakan sebagai pengganti krim tubuh dan pelembab. Secara tradisional, dapat menggunakan akar pohon ini untuk mengobati gatal-gatal pada kulit.

7. Manfaat buah kedondong untuk membantu menurunkan berat badan

Buah jenis ini termasuk buah yang rendah lemak. Di dalamnya mengandung senyawa karbohidrat dan tinggi serat makanan. Karena itulah, maka  konsumsi buah ini sangat ideal untuk menurunkan berat badan. Jus buah memberikan rasa kenyang dan juga mencegah makan berlebihan.

Manfaat Buah Kedondong Berdasarkan Kandungan Nutrisinya

buah-kedondong-hijau

Setelah mengetahui manfaat buah ini secara umum, penting pula melihat manfaat buah ini secara khusus. Manfaat tersebut bisa terlihat dari jumlah nutrisi dan nilai gizi yang terkandung dalam buah ini. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang terkandung dalam buah kedondong :

1. Kalsium

Buah ini meski kecil memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Dalam 100gr buah ini terdapat 15 mg kalsium. Manfaat kalsium yang terkandung dalam buah kedondong bermanfaat untuk:

- Menjaga kesehatan tulang

- Mencegah osteoporosis

- Memperkuat struktur tulang.

2. Fosfor

Fosfor adalah zat yang berdampingan dengan kalsium yang bertugas menjaga kesehatan tulang dan gigi. Dalam 100 gram buah ini ada 22mg fosfor yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat fosfor:

- Mempertahankan kesehatan gigi

- Memperkuat struktur tulang

3. Zat besi

Seperti buah lainnya, buah ini juga memiliki kandungan zat besi. Kandungan zat besi dalam 100gr buah yang sudah matang adalah sekitar 3mg. Zat besi sendiri memiliki peran penting dalam tubuh, termasuk:

- Mencegah anemia

- Meningkatkan kadar darah dalam tubuh

- Mempercepat penyembuhan luka

4. Vitamin A

Salah satu jenis vitamin yang terkandung dalam buah ini adalah vitamin A. Manfaat vitamin ini adalah untuk :

- Mempertahankan tubuh yang sehat

- Tingkatkan kekebalan tubuh

- Menjaga kesehatan mata

- Mencegah gangguan pada mata

- Membantu menangkal radikal bebas

5. Vitamin B1

Selain vitamin A, jenis vitamin lain yang terkandung dalam buah yang rasanya asam ini adalah vitamin B, terutama vitamin B1. Jenis vitamin ini memiliki kandungan yang komposisinya relatif kecil daripada dengan kandungan gizi buah kedondong lainnya.

Di dalam satu biji buah ini ditemukan hanya sekitar 0,08 mg per 100 gram buah yang matang. Namun, vitamin B1 masih dapat memberikan manfaat bagi tubuh, termasuk:

- Mempertahankan stamina tubuh yang sehat

- Membantu proses antioksidan dalam tubuh

- Mencegah kulit bersisik dan kasar

Demikianlah beberapa hal dalam mengenal buah kedondong. Ulasan di atas baru berupa informasi terkait dengan budidaya tanaman kedondong dalam pot dan manfaatnya.

Sedangkan jika ingin mendapatkan bibit unggul kedondong, maka bisa dengan datang ke toko bibit baik online maupun offline.

Membeli bibit di tempat penjualan bibit berkualitas bisa membantu dalam menghadirkan pohon yang lebih kuat cabang dan batangnya, serta tanaman yang melimpah hasilnya.

twitterlinkedinwhatsapptelegraminstagram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rekening Kami
©TanamanMart.com
CS: 0812-1303-0404
whatsappphone