Jual bibit tanaman buah terlengkap & bergaransi, TABULAMPOT, Pupuk & Media Tanam

Mengenal Buah Matoa dan Apa Saja Manfaatnya

Artikel / Mengenal Buah Matoa dan Apa Saja Manfaatnya

Matoa memiliki nama latin Pometia Pinnata yang memiliki rasa hampir mirip dengan kelengkeng dan juga leci. Buah yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal dan berwarna bening. Rasanya manis dan memiliki bentuk yang lonjong seperti halnya buah sawo.

Terkenal dengan sebutan buah Ton atau Taun di Papua Nugini. Sedangkan di Sumatera Utara, buah ini dikenal dengan sebutan pakam. Dan di Jawa Barat, dikenal dengan sebutan buah leungsir. Sebaran tanaman buah taun di Papua terdapat di wilayah dataran rendah sampai dengan ketinggian 1200 mdpl. Tanaman ini juga bisa tumbuh baik dengan kondisi tanah yang kering atau tidak tergenang dan dengan lapisan tanahnya yang tebal.

Meski dikenal sebagai tanaman khas Papua, namun, tanaman ini juga tersebar di Sri Lanka hingga kepulauan Andaman dan lain sebagainya. Buah yang satu ini juga seringkali dijadikan untuk berbagai jenis olahan seperti halnya es teh matoa, asinan, es buah, dan lain sebagainya. Selain dijadikan sebagai bahan olahan untuk makanan dan minuman, buah ini juga dikenal dengan beragam manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat buah pakam atau taun ini tidak lepas dari banyaknya nutrisi yang terdapat di dalamnya. Adapun, beberapa kandungan sehat yang bisa ditemukan di dalam buah ini antara lain adalah asam fenolat, saponin, alkaloid, tanin, flavonoid, mineral, vitamin C, vitamin E, dan lain sebagainya. Lantas apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari jenis buah yang satu ini?

Buah ini berguna untuk mencegah hingga mengatasi berbagai penyakit. Tidak hanya itu, buah ini juga berguna untuk menjaaga kesehatan kulit. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung simak ulasan yang berikut ini :

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

matoa

Buah yang satu ini telah banyak digunakan sebagai obat tradisional dalam membantu melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Dengan pencernaan yang lancar, maka risiko Anda terkena gangguan seperti diare, sembelit, hingga radang usus juga akan berkurang. Manfaat yang satu ini didapat dari kandungan dalam buah yang berupa antioksidan di dalamnya.

Kandungan dalam buah ini juga mampu meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik sekaligus mencegah pertumbuhan bakteri jahat yang merugikan.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah

matoa

Buah yang satu ini juga bermanfaat dalam menurunkan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap stabil. Hal ini tidak lepas dari kandungan sehat buah yang berupa fenolik di dalamnya. kandungan tersebut dapat menurunkan penyerapan gula darah yang ada di dalam usus. Tidak heran jika buah ini bisa di konsumsi untuk menurunkan risiko terjadinya penyakit diabetes.

3. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

matoa

Jantung merupakan salah satu organ penting yang sebaiknya di pelihara dengan baik mulai dari sekarang. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan jenis buah satu ini sebagai cara alami untuk menjaga kesehatan jantung.

Buah ini mengandung efek antioksidan polifenol yang dapat mengurangi terjadinya peradangan, menurunkan tekanan darah, dan juga mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL.

Dengan khasiat buah yang telah di sebutkan di atas, maka berbagai jenis penyakit berat juga akan menjauh. Selain penyakit jantung, penyakit berat lain yang akan menurunkan riskonya adalah stroke dan lain sebagainya.

4. Buah Matoa untuk Melawan Virus dan Bakteri

Bakteri dan virus jika di biarkan bisa saja berkembang hingga menyebabkan terjadinya penyakit yang serius. Inilah kenapa, ada baiknya untuk selalu menjaga kondisi tubuh dalam keadaan prima. Salah satu mendapatkan kondisi tubuh yang demikian adalah dengan mengonsumsi buah yang kaya akan antioksidan dan vitamin C di dalamnya.

Salah satu jenis buah yang bisa di konsumsi adalah buah taun. Jenis buah yang satu ini merupakan solusi untuk melindungi diri dari gangguan virus. Tidak hanya itu, jenis buah yang satu ini juga memiliki kandungan sehat lainnya yang berupa tanin.

Kandungan tanin dalam buah berguna dalam mencegah pertumbuhan bakteri dengan cara menghambat enzim juga DNA yang penting bagi bakteri.

5. Matoa untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

matoa

Manfaat matoa juga berguna sebagai peningkat sistem imunitas tubuh. Dengan demikian, seseorang juga tidak akan mudah sakit. Manfaat ini tidak lepas dari kandungan sehat buah yang berupa vitamin C di dalamnya. Dengan tubuh yang senantiasa terjaga kesehatannya, maka aktivitas harian juga akan lebih lancar tanpa hambatan.

Buah yang beraroma harum ini juga cocok untuk Anda yang gemar melakukan aktivitas olahraga. Buah ini dapat di gunakan sebagai penambah enegi bagi tubuh.

6. Buah Matoa untuk Mempersehat Kulit

Kulit yang sehat, mampu menunjang penampilan sehari-hari. Sayangnya, ada banyak sumber kerusakan kulit yang harus di waspadai. Salah satunya adalah pengaruh sinar UV yang seringkali di keluhkan oleh mereka yang sering pergi keluar.

Jenis buah ini bagus dalam menjaga kesehatan kulit dengan kandungan sehat yang berupa vitamin C dan juga vitamin E di dalamnya. Kandungan tersebut berperan baik dalam membuat kulit menjadi lebih lembap dan juga elastis.

Buah ton atau taun ini juga cocok di jadikan sebagai solusi untuk membuat kulit menjadi lebih cerah dan membuat Anda tampak lebih awet muda. Manfaat ini tentu tidak lepas dari kandungan antioksidan di dalam tubuh. Alhasil, Anda juga akan mampu tampil secara lebih percaya diri dengan kondisi kulit yang terawat.

7. Matoa untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat bisa muncul karena berbagai sebab, seperti halnya akibat kotoran yang menumpuk atau karena faktor hormon. Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa memanfaatkan kandungan sehat buah yang berupa vitamin C dan vitamin E di dalamnya. Kandungan tersebut berguna dalam membuat kulit tanpak lebih terawat dan bersih bebas jerawat.

Manfaat dari buah matoa juga bagus dalam mencegah timbulnya jerawat dengan kandungan antimikroba di dalamnya. Kandungan tersebut bisa membunuh bakteri yang menjadi penyebab masalah jerawat. Dengan demikian, Anda juga tidak perlu khawatir lagi mengalami penurunan percaya diri akibat jerawat.

Jika jerawat sudah menghilang, pastikan untuk selalu menjaga wajah dengan cara rajin cuci muka. Pastikan juga untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat.

8. Manfaat Sehat Matoa untuk Menghilangkan Stres

Kondisi stres sangat mengganggu karena berdampak pada fisik dan mental. Tidak jarang mereka yang tengah berada di dalam kondisi ini mengalami susah tidur hingga pikiran yang terasa berat. Mengatasi stres secara alami agar tidak berlarut-larut, bisa di lakukan dengan mengonsumsi camilan sehat berupa buah taun.

Buah ini mengandung vitamin E yang bagus dalam membantu menghilangkan stres. Manfaat ini cocok bagi Anda yang sedang stres dan mengalami peningkatan nafsu makan akibat tekanan tersebut. Dengan adanya buah yang satu ini sebagai camilan, maka penambahan berat badan juga tidak akan terjadi.

11. Buah Sehat Matoa untuk Kesuburan

Buah yang satu ini juga bisa di jadikan sebagai solusi jika Anda ataupun pasangan mengalami masalah dengan kesuburan. Tidak perlu khawatir, karena jenis buah ini aman di konsumsi oleh pria ataupun wanita untuk meningkatkan kesuburan. Untuk manfaat matoa yang satu ini, Anda bisa menjadikannya sebagai menu makanan harian untuk diambil khasiatnya.

Buah taun ini mengandung vitamin E dan juga antioksidan yang tinggi di dalamnya. Untuk pria, kandungan vitamin E berguna dalam meningkatkan kualitas dari sperma.

12. Khasiat Matoa untuk Menyembuhkan Ambeien

Buah yang satu ini juga bagus di gunakan sebagai penyembuh ambeien secara alami. Jika memang sedang mengalami gangguan yang satu ini, Anda bisa mengonsumsi buah satu ini secara rutin untuk mengatasi gangguannya.

Ambeien sendiri terjadi karena pembuluh darah di sekitar anus mengalami pembesaran oleh proses pembengkakan. Gangguan kesehatan yang satu ini sangat menganggu karena bisa menimbulkan rasa sakit dan juga nyeri hingga menganggu keseharian.

13. Manfaat Sehat Matoa untuk Mengeluarkan Racun

Di dalam tubuh seseorang terdapat racun yang bisa bersumber darimana saja. Racun tersebut bisa dari makanan yang di konsumsi ataupun dari pola hidup yang tidak sehat. Racun yang berada di dalam tubuh, sebaiknya segera di keluarkan jika tidak ingin mengalami gangguan kesehatan, entah yang berat maupun yang ringan.

Dengan cara mengonsumsi buah dengan rasa manis satu ini secara rutin, hal ini akan membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Dengan demikian, risiko terkena gangguan kesehatan juga akan menurun.

14. Manfaat dari Buah Matoa untuk Ibu Hamil

Menjaga kesehatan tubuh dan janin selama kehamilan adalah keharusan. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, termasuk jenis buah yang satu ini. Manfaat matoa bagi ibu hamil sendiri tidak lepas dari kandunagan sehat yang berupa antioksidan di dalamnya.

Kandungan antioksidan di dalam buah, bisa di andalkan dalam menangkal radikal bebas yang berpotensi memberikan pengaruh yang buruk terhadap kesehatan ibu dan janin yang di kandung.

Mengingat buah yang satu ini juga bagus dalam mengatasi stres, maka ibu hamil yang emosinya seringkali sensitif cocok mengonsumsinya. Hebatnya lagi, buah yang satu ini juga mengandung vitami C dan juga vitamin E yang bagus dalam meregenerasi kulit selama masa kehamilan.

Dengan manfaat di atas, maka kesehatan tubuh dan kecantikan kulit ibu juga akan tetap terawat dengan baik di masa kehamilan.

Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa did apatkan dari buah matoa untuk kesehatan tubuh manusia. Buah yang satu ini bisa Anda beli di supermarket ataupun di beli melalui belanja online. Tinggal beli sendiri berapa kilogram buah yang di butuhkan. Cara pengolahannya juga bisa di sesuaikan dengan selera Anda dan juga keluarga.

Selain itu, Anda juga bisa membudidayakannya sendiri di pekarangan rumah. Selain di jadikan sebagai bahan untuk konsumsi pribadi, Anda juga bisa menggunakannya untuk keperluan komersial. Namun, sebelum memulai budidaya tentunya, Anda harus tahu dulu bagaimana cara membudidayakan tanaman buah ini dengan baik.

Selain itu, Anda juga bisa membudidayakan tanaman buah sendiri di lahan yang dimiliki. Untuk bibit tanaman buah berkualitas, Anda bisa membelinya di tanamanmart. Segera hubungi kami untuk konsultasi dan juga pemesanan bibit sesuai yang Anda butuhkan, melalui kontak yang tersedia. Tidak perlu khawatir karena bibit yang kami sediakan merupakan bibir yang berkualitas.

twitterlinkedinwhatsapptelegraminstagram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
©TanamanMart.com
CS: 0812-1303-0404
whatsappphone