Jual bibit tanaman buah terlengkap & bergaransi, TABULAMPOT, Pupuk & Media Tanam

Mengupas Manfaat Jengkol Yang Jarang Diketahui

Artikel / Mengupas Manfaat Jengkol Yang Jarang Diketahui

jual bibit jengkol

Selain menimbulkan bau tak sedap, apa saja sih manfaat jengkol bagi tubuh kita? Mari kita bahas.

Orang Indonesia mana sih yang tidak tau sama jengkol, panganan khas yang sudah terkenal ini masuk kedalam keluarga kacang polong (Fabaceae), buahnya gepeng mirip spiral, warnanya kuning lembayung, kulit buah jengkol warnanya coklat mengkilat kehitam-hitaman.

Buah jengkol bisa diolah menjadi beraneka masakan yang luar biasa enaknya, namun setelah dicerna bisa membuat bau tidak sedap ketika buang air atau bernafas.

Selain menimbulkan bau tak sedap, apa saja sih manfaat jengkol bagi tubuh kita? Mari kita bahas.

Berikut ini manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh kita :

Membentuk Jaringan Tubuh yang Rusak

Menurut penelitian menyebutkan ternyata kandungan protein jengkol lebih tinggi dibanding dengan kacang-kacang lain seperti kacang hijau atau kedelai. Protein nabati diketahui dapat membantu pembentukan jaringan tubuh.

Membantu Mencegah Anemia

Jengkol ternyata kaya akan zat besi, bagi yang kebetulan sering menderita kekurangan darah atau anemia, cobalah mengkonsumsi jengkol agar suplai zat besi pada tubuh menjadi lancar yang berimplikasi mencegah terjadinya anemia.

Membantu Mencegah Tulang Keropos

Zat lain yang terkandung dalam jengkol adalah fosfor dan kalsium, yang dikenal sangat dibutuhkan tulang, zat ini bermanfaat membantu mencegah keropos pada tulang, sering mengkonsumsi jengkol secukupnya bisa buat tulang kita lebih kuat.

Menangkal Serang Radikal Bebas

Buah jengkol memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B2 dan vitamin B1. Seperti yang telah kita ketahui bahwa vitamin A dan C merupakan zat yang aktif membantu menahan serangan rakidal bebas.

Melancarkan BAB

Bagi yang sering sulit buang air besar cobalah mengkonsumsi jengkol, kandungan serat yang tinggi pada jengkol mampu melancarkan buang air besar.

Membantu Mencegah Diabetes

Jengkol mempunyai salah satu zat yang hanya terdapat pada buah ini, namanya asam jengkolat, asam ini berupa kristal yang tidak akan larut oleh air, zat ini mampu mencegah penyakit diabetes.

Setelah kita mengetahui berbagai macam manfaat jengkol, rasanya akan lebih baik jika kita mencoba menanamnya sendiri kan? Mari kita bahas cara dan panduan budidaya bibit jengkol.

Panduan Budidaya Jengkol

manfaat-jengkol-bagi-kesehatan

Jengkol dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah jengkol dengan lebat jika memenuhi syarat-syarat tertentu, berikut ini kami akan mendeskripsikan langkah demi langkah panduan lengkap budidaya bibit jengkol :

Pemilihan Bibit

Bibit buah yang berkualitas adalah memiliki batang tanaman buah yang kokoh, berdaun rimbun, segar dan juga berwarna hijau cerah. Perakarannya banyak dan kuat. Kriteria bibit buah ideal bisa anda dapatkan di Tanamanmart.

Kami Jual Bibit tanaman jengkol unggul berkualitas dan juga sehat. Harga Bibit pohon jengkol hibrida yang kami tawarkan bervariasi. Info lengkap tentang Harga Bibit Jengkol Unggul silahkan klik di sini.

Pemilihan Lahan

Setelah Bibit jengkol hibrida tersedia, selanjutnya adalah pemilihan lokasi. Pilih lahan yang memiliki ukuran cukup luas supaya mampu menampung banyak bibit tanaman buah.

Jarak minimal antar pohon adalah 5x5 meter. Pastikan tidak ada naungan yang menghalangi sinar matahari. Lakukan pembuatan lubang tanam dengan ukuran 50x50x50 cm.

Setelah pembuatan lubang tanam selesai selanjutnya isi lubang tanam dengan campuran tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang.

Biarkan lubang tanam selama satu pekan supaya gas yang terkandung dalam tanah hilang karena terkena sinar matahari dan tersapu angin.

bibit jengkol unggul

Tahap Penanaman Bibit Buah

Untuk proses penanaman secara langsung ke tanah caranya adalah dengan menyobek polybag secara perlahan dan buang polybag bekasnya.

Hati-hati pada saat melakukannya dan usahakan jangan sampai merusak akar bibit. Selanjutnya masukkan ke dalam lubang tanam dan timbun serta padatkan secara perlahan.

Setelah proses penanamannya selesai, lakukan penyiraman dengan air secukupnya.

Melakukan Perawatan

Cara mudah melakukan perawatan pada tanaman jengkol adalah dengan penyiraman setiap pagi dan juga sore hari.

Sebaiknya proses penyiraman secara rutin, tetapi batang akar jangan sampai tergenang. Selanjutnya melakukan pemberian pupuk secara rutin setiap dua pekan sekali atau minimal sebulan sekali.

Perawatan lainnya adalah dengan malakukan pemangkasan pada ujung-ujung cabang yang lebat guna merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

Itulah beberapa manfaat jengkol dan cara budidaya jengkol. Apabila tertarik untuk menanam nya silahkan klik disini.

Terimakasih, Semoga Bermanfaat.

twitterlinkedinwhatsapptelegraminstagram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rekening Kami
©TanamanMart.com
CS: 0812-1303-0404
whatsappphone