Jual bibit tanaman buah terlengkap & bergaransi, TABULAMPOT, Pupuk & Media Tanam

Mengenal Durian Montong dan Cara Budidayanya

Artikel / Mengenal Durian Montong dan Cara Budidayanya

Pohon Durian Montong - Buah durian montong merupakan salah satu jenis buah nusantara yang disukai berbagai kalangan. Meskipun harganya tidak bisa dibilang murah, namun banyak yang beburu jenis buah ini dikarenakan rasanya yang khas dan berbeda dari durian lainnya. Selain itu, ukuran buah yang jumbo menjadi daya tarik sendiri bagi penikmat durian. Bahkan, buah ini tak kalah populer dari jenis durian lain seperti durian musang king.

Apa Itu Buah Durian Montong

pohon durian montong

Secara umum, durian (Durio zibethinus) merupakan tumbuhan tropis dan berasal dari Asia Tenggara. Penamaan buah ini yaitu durian diambil dari kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk menyerupai duri. Salah satu jenis durian yang banyak dicari adalah jenis durian monthong.

Beberapa jenis durian ada yang didatangkan dari Thailand. Maka tak heran jika produk durian ini banyak yang kita impor dari negra tersebut. Hal ini juga dikarenakan Indonesia belum memiliki cukup perkebunan durian yang luas. Pasalnya, untuk budidaya yang serius, dibutuhkan lahan untuk bibit, perawatan, penanganan hami hingga pengemasan dan pengiriman yang baik.

Jenis buah yang satu ini merupakan buah yang cepat berbuah dengan rasa yang tidak kalah enak dengan durian musang king. Ukuran buah ini juga lebih besar dengan berat sekitar 6 kg hingga 10 kg.

Karaktristik Durian Monthong

pohon durian montong

Durian menjadi komoditas ekspor yang besar di Indonesia selain buah-buaan lainnya. Selain di beberapa wilayah di Pulau Jawa, tanaman ini juga tumbuh dengan baik di Malaysia, Thailand, Sumatera dan Kalimantan. Buah ini diburu bukan hanya karena rasanya namun juga kandungan nutrisinya yang sangat baik bagi kesehatan.

Salah satu jenis durian yang banyak peminatnya adalah durian jenis montong. Berikut ini adalah ciri khas atau karakteristik yang dimiliki oleh raja durian ini :

Ciri Khas Buah Durian Montong

Buah ini memiliki bentuk seperti buah durian lain dengan kulit yang keras dan berduri. Warnanya hijau kekuningan. Buah ini berukuran besar dan berdaging tebal dengan biji yang kecil. Untuk rasanya, buah ini memiliki rasa yang manis, dan lembut.

Ciri lainnya dari buah ini adalah aromanya yang menyengat yang membuatnya justru memiliki daya tarik tersendiri. Untuk buah yang sudah matang sempurna, maka daging buahnya berwarna kekuningan.

Sementara itu, bentuk buahnya bervariasi, ada yang bulat panjang dan ada yang hampir menyerupai persegi. Satu durian montong bisa memiliki berat 3 hinga 4 kg bahkan ada yang lebih. Buah ini biasanya memiliki duri yang besar dan bentuk buahnya akan terlihat menonjol. Anda akan mudah mengenalinya karena ukuran buah ini di atas rata-rata buah durian pada umumnya.

Syarat Tumbuh Pohon Durian Montong Yang Paling Baik

Menanam jenis buah berupa durian, khususnya durian monthong tentu memiliki teknik yang berbeda. Terlebih untuk syarat tumbuhnya pun juga berbeda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai budidaya tanaman yang satu ini :

Tanah => Tanah yang terbaik adalah yang subur dimana terdapat kandungan organik. Jenis tanah yang cocok untuk durian adalah tanah gromosol dan ondosol. Ciri khasnya adalah warna keabuan kelam dan memiliki kemampuan mengikat air yang tinggi.

Iklim => Iklim tropis seperti Indonesia, Malaysia dan Thailand sangat cocok untuk pertumbuhan durian dimana suhu rata-rata yang dibutuhkan adalah sekitar 20 hingga 30 derajat celcius.

Ketinggian tanah => Secara umum, untuk menanam durian dibutuhkan lahan  pada ketinggian sekitar 200 hingga 600 m dpl.

Buah durian merupakan buah yang bisa mencapai berat 6 kg per buahnya. Sementara itu, pohonnya sendiri bisa berproduksi pada umur 4 hingga 5 tahun sejak tanam dengan bibit asal sambung pucuk.

Kandungan Nutrisi Buah Durian Montong

Buah durian sering disebut sebagai raja buah. Bukan hanya rasanya, namun buah ini juga banyak dicari karena kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Durian monthong sendiri merupakan salah satu jenis durian yang memiliki ukuran besar di atas rata-rata durian pada umumnya.

Dalam buah yang di sebut sebagai raja durian ini mengandung beragam vitamin dan mineral. Di dalamnya juga terdapat karbohidrat, lemak serta protein. Maka tak heran jika setelah memakan buah ini maka akan ada sensasi rasa kenyang yang Anda rasakan. Berikut ini adalah detail kandungan  dalam durian serta berbagai fungsinya bagi tubuh kita :

Mengandung antioksidan yang tinggi => Antioksidan sendiri merupakan zat yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas penyebab kanker maupun penyakit jantung.

Mengandung serat => Durian yang matang mengandung serat yang tinggi. Selain dari durian, serat juga bisa di dapatkan dari berbagai jenis buah dan sayur lainnya. Serat sangat baik bagi kesehatan, mampu menurunkan kadar kolesterol, memperlancar peredaran darat hingga sangat baik bagi jantung.

Mengandung kalium => Kalium sangat baik bagi tubuh dan berkontribusi bagi kesehatan otot, tulang, saraf, dan pembuluh darah.

Mengandung karbohidrat yang tinggi => Umumnya, dalam satu buah durian mengandung 150 kalori. Jumlah ini sudah mencukupi sebagai sumber makanan yang menambah energi sekaligus mengenyangkan.

Konsumsi buah ini bisa menyumbang dampak yang baik bagi kesehatan Anda. Akan tetapi, agar tidak menimbulkan efek samping, maka konsumsi buah ini juga tidak boleh berlebihan. Terutama bagi yang memilki riwayat penyakit tertentu akan lebih baik jika konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

6 Manfaat dari Buah Durian Montong

Sebagai buah eksotis di Asia Tenggara, durian montong memiliki daya pikat tersendiri. Mulai dari rasa, aroma, dan bentuk buahnya sangat unik dan berbeda dari buah lainnya. Belum lagi, buah ini juga mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan Anda, seperti halnya :

1. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Meskipun rasanya manis, namun durian memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks ini menunjukkan seberapa cepat suatu makanan meningkatkan kadar gula darah.

Kadar gula darah sendiri merupakan banyaknya zat gula atau glukosa dalam darah. Agar tetap sehat dan hidup normal, maka kadar gual darah perlu di jaga. Konsumsi makanan sehat adalah salah satu caranya.

2. Membantu Melawan Infeksi Bakteri

Tahukah Anda bahwa dalam kulit durian juga mengandung manfaat penting bagi tubuh? Pada kuit durian, terdapat senyawa flavonoid, terpenoid, steroid, fenolik, serta tanin. Semua senyawa tersebut bisa membantu dalam melawan bakteri Propionibacterium acnes atau bakteri penyebab jerawat.

3. Membantu Menjaga Kadar Lemak

Ternyata dalam durian montong maupun durian pada umumnya  terdapat sifat antilipidemik. Maksudnya, daging durian bisa mencegah terjadinya kenaikan kolesterol dan lemak jahat dalam darah. Akan tetapi perlu di ingat bahwa tidak berarti Anda bisa dengan bebas mengkonsumsi buah ini sebanyak-banyaknya. Hal ini karena buah ini mengandung kalori yang bisa membahayakan tubuh jika terlalu banyak mengkonsumsinya.

4. Membantu Meningkatkan Imunitas Tubuh

Imunitas atau daya tahan tubuh bisa membantu pertahanan diri dari serangan berbagai penyakit. Konsumsi buah durian bisa meningkatkan imunitas dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi. Asupan vitamin C juga bisa membantu proses penyembuhan luka serta menghambat penuaan dini.

5. Mencegah Terjadinya Depresi

Depresi adalah ganggun pada suasana hati atau mood. Hal ini di tandai dengan adanya perasaan sedih yang mendalam hingga adanya rasa tidak peduli. Tanda dari depresi ini sendiri adalah adanya rasa sedih yang tidak kunjung hilang selama 2 minggu, putus harapan, atau ada rasa tidak berharga.

Tahukah Anda bahwa durian mengandung vitamin B6 yang membantu produksi hormon serotonin? Hormon ini bisa membuat suasana hati menjadi lebih baik. Dengan demikian, konsumsi buah durian selain enak juga bisa menjauhkan Anda dari stress maupun depresi.

6. Sebagai Obat Tidur yang Alami

Bagi Anda yang sudah tidur, maka bisa mengkonsumsi buah ini sebagai alternatif yang tepat dan alami. Hal ini karena buah durian mengandung amino triptofan yang membantu meringankan kecemasan, insomnia, dan meningkatkan serotonin pada otak. Serotonin sendiri merupakan zat yang mempengaruhi siklus tidur kita.

Kelebihan Durian Montong dari Jenis Durian Lainnya

Durian montong bukan hanya bisa di beli namun juga dib udidayakan sendiri. Jenis buah ini sendiri memiliki berbagai kelebihan sehingga Anda bisa mempertimbangkannya untuk menanamnya. Berikut ini kelebihan yang di miliki oleh raja durian ini :

Daging buahnya => Saat membuka buah durian jenis montong, maka Anda akan mendapati daging buah yang besar dengan biji yang kecil. Hal ini membuat Anda lebih puas dalam menikmati durian.

Buahnya besar => Ukuran yang besar memang menjadi ciri khas dari durian monthong yang satu ini. Satu durian bisa memiliki berat 3 hingga hingga 6 kg. Jika Anda pembudidaya durian, tentu akan memperoleh keuntungan yang sangat besar.

Pasar durian montong sangat luas => Bukan hanya di Indonesia, akan tetapi jenis durian ini juga banyak di cari pecinta durian di dunia. Maka, kesempatan ekspor buah ini cukup besar dan menjanjikan keuntungan tersendiri.

Rasanya manis dan lembut => Rasa durian ini menjadi ciri khas dari durian jenis montong. Karena itu, selain di makan langsung, daging buah ini juga cocok di jadikan bahan utama berbagai minuman hingga makanan.

Cara Budidaya Pohon Durian Montong

Budidaya durian ini memang sangat menjanjikan. Bukan hanya untuk dikonsumsi sendiri, akan tetapi Anda bisa dengan mudah menjualnya. Cara budidayanya sendiri juga relatif mudah. Berikut ini ada cara budidaya durian jenis montong yang mudah :

Persiapan Lahan Tanam

Untuk budidaya durian montong di butuhkan lahan yang luas. Hal ini karena pertumbuhan pohon sangat besar dan akarnya akan menjalar. Pastikan tanah dalam kondisi yang gembur, lembab dan subur.

Gemburkan dengan cangkul lalu beri campuran pupuk serta sekam dengan perbandingan 2 banidng 1. Sebaiknya gunakan pupuk organik berupa pupuk kandang atau kompos agar tanah tetap sehat.

Menanam Bibit Pohon Durian Montong

Yang pertama, dapatkan bibit yang unggul dan berkualitas yang telah siap tanam. Lalu, persiapkan lahan dengan baik. Buatlah lubang tanam yang sesuai dengan ukuran akar bibit yang telah di siapkan sebelumnya. Lalu, masukkan bibit dan timbun dengan tanah yang sudah di campur dengan pupuk organik. Lalu, jangan lupa untuk menyiram dengan air agar tanah tetap lembab.

Perawatan Pohon Durian Montong

Cara perawatan tanaman ini hampir sama dengan pohon lain pada umumnya. Perawatan di lakukan untuk menghindari adanya penyakit tanaman serta untuk menghasilkan buah yang besar dan berkualitas. Lakukan penyiraman pohon durian, yaitu pada pagi dan sore hari untuk menjaga kelembaban tanah.

Penyiangan juga di lakukan agar pohon durian montong terhindar dari hama dan penyakit yang merugikan. Jika masa panen sudah medekat, maka Anda harus mengikat buah durian beserta batang ke pohon agar tidak jatuh dan mengenai kepada. Tali rafia bisa di gunakan pada tahap ini.

Pohon sudah akan berbuah saat usianya mencapai 4 hingga 5 tahun sejak waktu penanaman bibit. Perhatikan buah yang siap panen, yaitu yang berwarna hijau kekuningan dan baunya sudah menyengat. Dalam memanennya, maka harus menggunakan sarung tangan dan gunakan pisau yang tajam untuk memontong ikatan buah.

Jika Anda ingin memulai budidaya durian montong, maka temukan dulu bibit yang unggul. Anda bisa membeli bibit durian montong berkualitas di toko bibit kami. Hasil budidaya tanaman buah yang satu ini bisa sangat menjanjikan. Selain di konsumsi sendiri, durian juga memiliki pasar yang luas dan menjanjikan sebagai bisnis jangka panjang.

twitterlinkedinwhatsapptelegraminstagram
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Rekening Kami
©TanamanMart.com
CS: 0812-1303-0404
whatsappphone